Jumat, 24 Februari 2017

RPP kelas XI bab 4 K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

          Sekolah                 : SMK Al-Fajar Palabuhanratu
          Kelas/Semester     : XI/1
          Mata Pelajaran      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
          Materi Pokok           : Mengupas Penyelenggaraan Kekuasaan Negara
          Alokasi Waktu       : 6 x 45  menit (4 X Pertemuan )

A.   Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1. Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

1.1.1  Menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa sebagai wujud pengamalan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.1.2 Menunjukkan rasa syukur karena Indonesia  memiliki sistem hukum dan peradilan nasional
2
2.3 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (Ipoleksosbudhankam dan hukum).
2.2.1    Menunjukkan perilaku jujur dilingkungan sekolahsebagai perwujudan  sadar hukum
2.2.2    Menunjukkan perilaku tanggungjawab di lingkungan sekolahsebagai perwujudan warga Negara yang sadar akan hukum
2.2.3    Menunjukkan perilaku disiplin di lingkungan sekolahsebagai perwujudan kepatuhan terhadap hukum yang
3
3.4   Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara, dan       pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

3.4.1 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan NKRI
3.4.2 Menganalisis kedudukan dan fungsi kementerian negara pada NKRI
3.4.3 Menganalisis kedudukan  dan fungsi pemerintahan daerah dalam lingkup NKRI

4.
4.4   Menyaji hasil analisis tentang sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara, kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4.4.1 Menyaji hasil analisis terkait sistem pembagian kekuasaan pemerintahan NKRI
4.4.2.Menyaji hasil analisis keududukan dan fungsi kementerian negara dan pemerintahan daerah dalam lingkup NKRI



C.   Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1.
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:

1.   Memahami macam-macam kekuasaan Negara.
2.   Menganalisis konsep pembagian kekuasaan di Indonesia.
3.   Menyaji hasil analisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia
4.   Menunjukkan sikap jujur, kerja sama dan tanggung jawab

Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.    Menganalisis  kedudukan dan fungsi kementerian Negara RI
2.    Menganalisis kedudukan dan fungsi lembaga pemerintahan non kementerian.
3.    Menyaji hasil analisis terkait kedudukan dan fungsi kementerian dan lembaga pemerintah  non kementerian .
4.     Menunjukkan  santun, responsif dan tanggung jawab

Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.   Memahami konsep  Pemerintahan Daerah dalam kerangka NKRI.
2.   Memahami kewenangan pemerintahan daerah
3.   Membedakan kewenangan pemerintahan pusat dan daerah
4.   Menyajikan hasil analisis tentang kedududukan dan fungsi pemerintahan daerah.
5.   Menunjukan sikap toleran, disiplin, peduli dan pro aktif

D.   Materi Pembelajaran

Fakta

Negara Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic

Konsep

1.    Sistem pembagian  kekuasaan negara Republik Indonesia
a. pembagian kekuasaan secara horizontal
b. pembagian kekuasaan secara vertikal
2.    Kedudukan dan Fungsi  Kementerian Negara RI.
3.    Kedudukan dan fungsi  Lembaga Pemerintah Non-Kementerian
4.    Kedudukan dan Fungsi Pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI.


Prinsip

1.    Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.
2.    Kepres RI Nomor 103 Tahun 2001 tentang kedudukan tugas, fungsi, kewenangan, susunan organisasi dan tata kerja lembaga pemerintah non kementerian.
3.    Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
4.    Perpres Nomor 47 Tahun 2009 tentang pembentukan dan organisasi Kementrian Negara RI.

Prosedur







E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                     : Saintifik
2.       Model Pembelajaran        :  Discovery  learning
3.       Metode                            : Ceramah, Penugasan/ bekerja dalam
                                            kelompok,tanya jawab.
F.       Alat/Media/Bahan
Alat/media                           : LCD Projector, Gambar foto Kabinet.

§  Sumber Belajar     :
1)        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta/: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 92 - 119
2)        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 102 - 115

G.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.       Guru memberikan motivasi dan bersyukur bahwa Negara Indonesia memiliki sistem pemerintahan yang demokratis sehingga setiap warga Negara mempunyai hak, kewajiban dan kedudukan yang sama dalam pemerintahan
3.        Guru menyampaikan topik tentang memahami sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara RI dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta informasi kegiatan yang akan dilaksanakan
10 menit
Inti
a.   Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 4.1
b.   Menanya
·         Peserta didik dapat diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka amati dari gambar 4.1
·         Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta didik dan dapat juga memberikan kesempatan peserta didik lain untuk menjawabnya.

c.    Mengumpulkan Informasi
peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber lain dari internet; web, media sosial lainnya dalam mempelajari  sistem pembagian kekuasaan negara RI yang meliputi macam-macam kekuasaan negara dan konsep pembagian kekuasaan di Indonesia.

d.    Mengasosiasikan
Peserta didik menyimpulkan konsep pembagian kekuasaan  di Indonesia dikaitkan dengan pembagian  tugas dan wewenang lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945.

e.    Mengkomunikasikan
·         Peserta didik mempresentasikan hasil tugas kelompok  secara bergantian dan peserta didik lain diminta untuk menanggapi atau melengkapi jawabannya.
·         Hasil pekerjaan kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari guru.


70 menit







Penutup
1.     Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini .
3.     Guru memberikan penanaman kesadaran berkonstitusi dan menutup kegiatan dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan YME karena telah berjalan baik dan lancar.


10 menit

Penilaian Pertemuan 1
1.     Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama dalam kelompok.
2.     Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru juga melihat kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyan terkait dengan pentingnya kekuasaan negara dan tugas , wewenang lembaga-lembaga negara.
3.     Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mempresntasikan  hasil tugas kelompoknya.


Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.     Guru menyampaikan topik tentang Kedudukan dan Fungsi  Kementerian Negara RI dan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian. 
3.     Guru menyampaikan topik dan kompetensi yang akan dicapai serta menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan.

5 menit
Inti
1.   Mengumpulkan Informasi
·                                   Jika dimungkinkan  Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari buku lain yang relevan,  internet; web, media sosial lainnya terkait dengan kedudukan dan fungsi kementerian negara RI dan lembaga pemerintah non kementerian.
2.    Mengasosiasikan
·                                   Dengan bimbingan guru peserta didik menyimpulkan pentingnya keberadaan kementerian negara dan lembaga non kementerian Negara dalam membantu tugas-tugas presiden menjalan kekuasaan pemerintahan.
·                                   Selanjutnya peserta didik diminta mengerjakan tugas secara berkelompok untuk menyimpulkan tugas  dan fungsi kementerian Negara dan lembaga-lembaga pemerintah non kementerian (tugas kelompok 4.2).

3.   Mengkomunikasikan
·                                   Peserta didik mempresentasikan  hasil tugas kelompoknya  secara lisan. Masing-masing kelompok saling menanggapi jawaban kelompok lainnya. 
·                                   Hasil tugas  kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian.

75 menit
Penutup
1.     Guru menanyakan peserta didik  apakah sudah memahami materi yang telah dipelajari.
2.     Guru dan Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini.
3.     Sebagai penutup guru menanamkan kesadaran berkonstitusi dan mengucapkan rasa syukur karena kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 2
1.   Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses diskusi berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat diskusi berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, argumentasi/menjawab pertanyaan serta aspek kerja sama kelompok.
2.   Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru menilai dari jawaban peserta ddidik dalam melengkapi jawaban pertanyaan mengelompokan kementerian negara dan mengidentifikasi tugas dan fungsi lembaga pemerintah non kementerian.
3.   Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab/mempertahankan argummentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas (mengkomunikasikan secara lisan)

Pertemuan 3

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.     Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat sehat sehingga bisa menjalankan aktifitas hari
3.     Guru menyampaikan topik tentang Kedudukan dan fungsi pemerintah daerah dalam kerangka NKRI, Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, guru  menanyakan isu-isu aktual terkait dengan pemerintahan daerah.
4.     Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai   serta menginfromasikan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan metode Inquiry
10 menit
Inti
1.     Mengumpulkan Informasi
      Jika dimungkinkan Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari internet; web, media sosial lainnya dalam menganalisis lebih dalam konsep pemerintahan daerah, hak dan kewajiban daerah otonomi serta memahami kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah .

2.     Mengasosiasikan
·         Peserta didik secara kelompok menganalisis lebih dalam tentang konsep pemerintahan daerah, hak dan kewajiban daerah otonomi serta memahami kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah .
·         Mengerjakan tugas kelompok 4.3 dengan teman sebangku terkait dengan pengamatan baik secara langsung atau tidak langsung (dari buku sumber, media cetak atau media elektronik) terhadap kualitas pelaksanaan kewenangan pemerintahan di daerahnya.

3.     Mengkomunikasikan
      Perwakilan Kelompok menyampaikan hasil analisis diskusi dalam kelompok dihadapan peserta didik dari kelompok lain .

70 menit
Penutup
1.     Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.     Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini .
3.     Peserta didik diminta untuk melakukan refleksi dengan menyebutkan bentuk sikap positif  yang dapat  dilakukan pesert didik terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
4.     Guru menanamkan kesadaran berkonstitusi dan diakhiri dengan mengucapkan rasa syukur karena kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 3

1.     Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama, dan tentu ketepatan peserta didik pada saat menjawab pertanyaan.
2.     Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru dapat melihat kemampuan peserta didik dapat menjawab/melengkapi pertanyaan yang terdapat rubrik uji kompetensi bab 4. Selain itu juga, guru mendorong siswa untuk mengisi rubric penilaian afektif yang berupa penilaian diri atas pengetahuan dan pemahaman terhadap unsur-unsur pemerintahan.
3.     Penilaian Keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil analisis diskusi kelompok secara lisan mapun secara tertulis (hasil analisis kelompok dikumpulkan).


v  Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.


Mengetahui                                                           Palabuhanratu,    Juli 2016
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran      




Drs. Mafahir                                                                    Endang Subenowati, S.Pd


Catatan Kepala Sekolah
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan  pembelajaran. Pada kolom sikap spiritual dan sosial, tuliskan skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata skor tersebut tersebut ke dalam nilai kualitatif berikut ini

Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Nama Sekolah            : ………………………………………………..
Kelas                         : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar      : ………………………………………………..
Materi Pokok                : ……………………………………………….. 
Periode Penilaian       : ……………………….s.d ……………….....

No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Total Skor
Rata-Rata
Nilai Kualitatif
Deskripsi
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tangg. jawab
4. Toleran
5. Gtng Royong
6. Kerjasama
7. Santun
8. Damai
9. Responsif
10.Proaktif
Taatmenjalankan agama
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















dst

















RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek       : Jujur
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2. Aspek       : Disiplin
No.
Indikator Disiplin
Penilaian Disiplin
1.
sama sekali tidak bersikap disiplin selama proses pembelajaran.
Kurang (1)
2.
menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Cukup  (2)
3.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Baik (3)
4.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Sangat baik (4)

3. Aspek       : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

4. Aspek       : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

5. Aspek       : Gotong Royong
No.
Indikator Gotong Royong
Penilaian Gotong Royong
1.
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Bersama-sama dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Membagi pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

6. Aspek       : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

7. Aspek       : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

8. Aspek       : Damai
No.
Indikator Damai
Penilaian Damai
1.
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

9. Aspek       : Responsif
No.
Indikator Responsif
Penilaian Responsif
1.
Acuh (tidak merespon)
1 (Kurang)
2.
Ragu-ragu/bimbang dalam merespon
2 (Cukup)
3.
Lamban memberikan respon/tanggapan
3 (Baik)
4.
Cepat merespon/menanggapi
4 (Sangat Baik)

10. Aspek     : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

11. Aspek     : Taat Menjalankan Agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator





Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”

Nama Siswa          : ....................................................................
Kelas/Semester     : X ….. / I
Materi/Bab           : ....................................................................

Indikator :
1.     Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.     Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.     bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.     menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.     menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.     Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jika :

·         A = Selalu

·         B = Sering

·         C = Jarang

·         D = Tidak pernah
1
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian
2
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti
3
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

6
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan  =

Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)

Satuan Pendidikan   : .................................
Kelas                       : .................................
Materi                     : .................................
Teman yang Dinilai  : .................................
Penilai                     : .................................

Indikator:                  
1.    Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas
2.    Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3.    Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.    Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian




Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman kamu.

Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  tidak bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  tidak meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
• Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
• Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
• Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
• Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

     Nilai = 
 



























Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI 
KEGIATAN DISKUSI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai





























Keterangan:
1.    Sikap        : kesopanan,          kerjasama,  semangat,    toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2.    Pendapat   : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3.    Bahasa      : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar

Peserta didik memperoleh nilai :
Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Lampiran 5

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran : ...............................................
Materi              : ...............................................
Kelompok          : ...............................................

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jmlh Skor
Nilai
Kreatifi
tas
Kebenaran substansi
Penyajian materi
Visual/
grafis
1







2







3







4







...








Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

Keterangan:

NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreativitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
3
Penyajian Materi
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas  ( sistimatis ) Bervariasi
4
Grafis
§ Tampilan layar ( warna, tataletak (layout))
§ Ilustrasi






Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas       :............................
Kelompok  :............................
Topik        :............................

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian

Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai
1






2






3






4






5






dst







Keterangan:
1.  Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.  Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.  Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
         
Petunjuk:
Lembaran  ini  diisi  oleh  guru  untuk  menilai  dokumen  laporan  hasil  Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi 11. Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama               : ...........................
Kelompok         : ............................
Topik                : ............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
A
Menjelaskan Masalah



1. Kelengkapan



2. Kejelasan



3. Sumber



4. Data Pendukung



5. Grafis/Ilustrasi/Tabel



6. Dokumentasi


B
Keaslian/bukan Flagiat


C
Sistematis dalam Laporan


D
Penulisan Bahasa


E
Tandan Tangan Orang Tua


Jumlah


Nilai



Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku siswa dalam presentasi laporan Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus = (Jumlah Nilai X 4)/10 . Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Kelas               :............................
Kelompok         :............................
Topik                :............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1
Signifikansi (kebermaknaan informasi)


2
Pemahaman terhadap materi


3
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)


4
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)


5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)


Jumlah Nilai


Nilai Akhir









Lampiran 9
FORMAT  PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi yang dinilai tergantung pada penilaian yang dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf  pada kolom yang tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.
Nama Siswa     : .........................................................................
Kelas               : ............................
Materi/Bab      : .........................................................................


Tugas/Diskusi

Penilaian
Nilai Kualitatif
Skor Angka
1. Tugas Mandiri


2. Tugas Kelompok


3. Uji Kompetensi


4. Penilaian Afektif/(Spiritual
    dan Sosial)


5. Praktek Kewarganegaraan


Catatan perilaku Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir



Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:


 










Lampiran 10.

KONVERSI KONPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP

Predikat
Rentang Nilai
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
99 – 100
4
4
SB
A-
91 – 95
3,66
3,66
B+
85 – 90
3,33
3,33

B
B
80 – 84
3
3
B-
75 – 79
2,66
2,66
C+
70 – 74
2,33
2,33

C
C
65 – 69
2
2
C-
60 – 64
1,66
1,66
D+
55 – 59
1,33
1,33
K
D
≥ 55
1
1

v  Kriteria Ketuntasan
Ø  Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø  Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B




Tidak ada komentar:

Posting Komentar