SILABUS PKN KLS XI K13
SILABUS
MATA SMA/SMK
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi
Inti :
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip solidaritas
yang dilandasi ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya
1.2
Mengamalkan isi pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.3
Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan
kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
|
|
|
|
|
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.3
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam).
2.4
Menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap
negara dalam mempertahankan
2.5
Bhinneka Tunggal Ika.
Menghayati
budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan
kesadaran bernegara kesatuan dalam konteks NKRI.
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis kasus
pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.1
Menyaji hasil análisis kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan
pemenuhan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Kasus –kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai
sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
·
Menanya
Menanya tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan
HAM
·
Mengeksperimen/mengeksplora-sikan
Menggali dari berbagai sumber
tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM
·
Mengasosiasikan
Menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya,
menghubungkan satu nilai dengan nilai lainnya
yang berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan
HAM
·
Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil kajian pada
kelompok lain
|
1.
Tugas:
-
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam
rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan kasus pelanggaran HAM dalam
rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
3. Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang
kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan,
pemajuan dan pemenuhan HAM (format portofolio terlampir)
4.
5.
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka
perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.2
Menganalisis pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.2
Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang mengatur
tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan,
pertahanan dan keamanan
4.10.1 Berinteraksi dengan teman
dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga
negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
|
·
Mengamati
Mencermati
pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara
dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
·
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait hasil kajian yang telah dilakukan
antar siswa
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari dari berbagai sumber berkaitan tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur wilayah negara, warga negara dan penduduk,
agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
· Mengasosiasikan
Mencari hubungan pasal
yang satu dengan pasal yang lain sehingga diketahui benang merahnya
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang pasal-pasal
dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamaman
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
-
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara
sumber berkaitan pasal-pasal
dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan
penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
3. Portofolio,
-
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal dalam UUD 1945
yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamaman (format
portofolio terlampir)
4.
Tes
Digunakan untuk
menilai hasil belajar secara individu tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang
mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan
kepercayaan, pertahanan dan keamaman
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.3 Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
4.3 Menyaji hasil análisis perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
· Mengamati
Mengamati
perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Menanya
Dialog
antar siswa dalam bentuk diskusi kelompok tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Melakukan
penggalian dari berbagai sumber
terkait perkembangan
demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil penggalian antara satu temuan dengan
temuan lainnya
· Mengkomunikasikan
Melakukan presentasi hasil
kajiannya secara individual dan/atau
kelompok dihadapan temen-temannya
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
-
Diskusi kelompok
membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan perkembangan demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
3. Portofolio,
Penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang perkembangan demokrasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (format
portofolio terlampir)
4.
Tes
Digunakan untuk
menilai hasil belajar secara individu tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.4 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara,
kementerian Negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara
Repbulik Indonesia tahun 1945
4.4 Menyaji hasil analisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan
pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Repbulik Indoneesia
tahun 1945
|
Sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan
daerah
|
· Mengamati
Mencermati Sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
· Menanya
Menanya kepada nara sumber tentang Sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan
daerah
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mengunjungi lembaga resmi untuk menggali
informasinya
berkaitan Sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
· Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara Sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan Negara,dengan kementerian Negara dan pemerintahan daerah
· Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil pengumpulan datanya nya pada teman-teman sekelas
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara
dan pemerintahan daerah
-
Diskusi kelompok
membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Sistem
pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan
daerah (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk
menilai hasil belajar secara individu tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.5 Menganalisis praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
untuk menjamin keadilan dan kedamaian
4.5
Menyaji hasil analisis praktik perlindungan
dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
Praktik perlindungan dan penegakan hukum
dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
· Mengamati
Mengamati dan melakukan kunjungan ke lembaga peradilan terdekat diwilayahnya
· Menanya
Lakukan dialog dengan petugas lembaga tentang
perlindungan dan penegakkan hukum
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari
hubungan yang lebih mendalam lagi tentang praktek
perlindungan dan penegakkan hukum dilembaga peradilan terdekat
· Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara satu kasus dengan kasus lainya dalam
penanganan terhadap perlindungan dan penegakkan
hukum dalam masyarakat
· Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil kajian berkaitan
tentang praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Praktik perlindungan dan
penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan Praktik perlindungan dan penegakan hukum
dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Praktik perlindungan dan penegakan hukum
dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian (format portofolio
terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
untuk menjamin keadilan dan kedamaian
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.6
Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
warga negara
4.6 Menyaji hasil análisis kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
Kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
· Mengamati
Membaca
dari berbagai literature di
perpustakaan terdekat untuk mencermati kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara
· Menanya
Menanya
secara langsung dengan narasumber yang
ada di lingkungannya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Menggali
terus informasi dari berbagai sumber lainnya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara bermasyarakat,
berbangsa dan bernegara
· Mengasosiasikan
Mengaitkan
beberapa hasil temuannya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
· Mengkomunikasikan
Menyampaikan data
temuannya dalam bentuk lisan ataupun tulisan pada teman lainnya
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
3. Portofolio,
Penilaian
ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok
tentang kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga negara (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban sebagai warga negara
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7 Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyaji hasil analisis tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi
ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.10 2 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
strategi yang telah diterapkan oleh
Negara dalam mengatasi ancaman
|
· Mengamati
Mengamati strategi yang
telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman (dari
media cetak dan elektronik)
· Menanya
Melakukan dialog dengan praktisi di lapangan berkaitan strategi yang telah diterapkan
oleh Negara dalam mengatasi ancaman
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Menggali
informasi dengan mendatangi lembaga pertahanan terkait untuk mendalami tentang strategi yang telah
diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
· Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan nara sumber
dari berbagai lembaga terkait
· Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian dan
temuan di depan teman-temannya dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam
mengatasi ancaman
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan strategi yang telah diterapkan oleh Negara
dalam mengatasi ancaman
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang strategi yang telah
diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk
menilai hasil belajar secara individu tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara
dalam mengatasi ancaman
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.8 Menganalisis dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
4.8
Menyaji hasil análisis tentang dinamika kehidupan bernegara
sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks
geopolitik
|
Dinamika kehidupan bernegara
sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks
geopolitik
|
· Mengamati
Mengamati di lingkungan sekitar berkaitan dengan dinamika kehidupan bernegara
sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks
geopolitik
· Menanya
Menanya dengan nara sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep
NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari
dari berbagai sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Mengasosiasikan
Mengaitkan
dinamika kehidupan bernegara
sesuai konsep NKRI dan konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
· Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik pada teman-teman sekelas dalam
bentuk lisan dan tulisan
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI
dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai
konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
3. Portofolio,
Penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
dinamika kehidupan bernegara
sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks
geopolitik (format portofolio
terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk
menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep
NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.2
Menganalisis macam-macam budaya
politik di Indonesia
4.9
Menyaji hasil análisis tentang macam-macam budaya politik di Indonesia
|
Macam-macam budaya politik di Indonesia
|
· Mengamati
Mengamati budaya politik di Indonesia dari berbagai media (cetak dan elektronik)
· Menanya
Melakukan
dialog dengan praktisi politik setempat berkaitan macam-macam budaya politik di Indonesia
· Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Menggali
informasi dengan mendatangi lembaga politik atau pakar politik setempat untuk
mendalami tentang budaya politik di Indonesia
· Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan nara sumber
· Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian di depan teman-temannya.
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Macam-macam budaya
politik di Indonesia
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengamatan
-
Membuat
laporan hasil
pengamatan
-
Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan Macam-macam budaya politik di Indonesia
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Macam-macam budaya politik di Indonesia (format portofolio
terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang Macam-macam budaya politik di Indonesia
|
4 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda