SILABUS PKN KELAS KELAS XII K13
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas : XII (dua belas)
Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam
pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Mengamalkan ketaatan
terhadap agama dan kepercayaan yang dianut dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara.
1.2 Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal
28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3 Menghayati jiwa toleransi antarumat beragama dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
1.4 Menghargai karakter
berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan.
|
|
|
|
|
|
2.1
Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan
hidup dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
2.2
Mengamalkan kesadaran berkonstitusi berdasarkan pemahaman latar
belakang, proses perumusan dan pengesahan, serta perkembangan aktualisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.3
Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.4
Mengamalkan tanggungjawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5
Mengamalkan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah,
mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.
|
|
|
|
|
|
3.1 Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentatif dan saling keterhubungan
antara aspek ideal, instrumental
dan praksis sila-sila Pancasila
4.1
Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentatif dan saling keterhubungan
antara aspek ideal, instrumental
dan praksis sila-sila Pancasila
|
Kasus-kasus
pelanggaran HAM di Indonesia
|
·
Mengamati
Mengamati, Membaca dari berbagai sumber tentang kasus-kasus
pelanggarana HAM
·
Menanya
Menanya
tentang contoh- contoh kasus
pelanggaran HAM yang terjadi .
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus-kasus
pelanggaran HAM dari berbagai media
·
Mengasosiasikan
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM dari berbagai
media
Menyaji
bahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative sesuai dengan nilai-nilai
pancasila
·
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil pembahasan kasus pelanggaran HAM dalam bentuk lisan dan tulisan
|
1.
Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan
Internasional
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2. Observasi
-
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara
sumber berkaitan Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia
3.
Portofolio,
-
penilaian ini
digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan
Internasional (format portofolio
terlampir)
4.
Tes
-
digunakan untuk menilai hasil belajar secara
individu tentang Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.2 Memahami pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan
kehakiman
4.2
Menyaji pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan,
BPK, dan kekuasaan kehakiman
|
Pasal-pasal
yang mengatur tentang :
a.
Keuangan
b.
BPK
c.
Kekuasaan kehakiman
|
·
Mengamati
Membaca pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
pasal-pasal keuangan, BPK dan
kekuasaan kehakiman dari yang factual sampai yang bersifat hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
·
Mengasosiasikan
Menyaji pasal-pasal yang berkaitan dengankeuangan,
BPK dan kekuasaan kehakiman
·
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil kajian pasal-pasal yang
berkaitan dengan keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman secara lisan dan tertulis
|
1. Tugas:
- Mengumpulkan data
dari berbagai sumber tentang pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
-
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur
tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang pasal-pasal
dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan
kekuasaan kehakiman
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.3
Menganalisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
4.3 Menyaji hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat
dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
|
Dinamika
Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat
dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan
negara
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber dinamika pengelolaan
kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI
tahun 1945 yang factual sampai yang bersifat hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dinamika
pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun
1945
·
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan
UUD NRI tahun 1945
·
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil kajian dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah
berdasarkan UUD NRI tahun 1945 secara
tertulis
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
dalam mewujudkan tujuan Negara
-
Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di
pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI
tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan
untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
dalam mewujudkan tujuan negara (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Dinamika
Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat
dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan
negara
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.4
Menganalisis kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban sebagai warga Negara
4.4 Menyaji analisis penanganan kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
|
Kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban
di Indonesia dan beberapa Negara lain
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara
lain
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
dari factual sampai yang bersifat hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dengan tentang
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa
Negara lain
·
Mengasosiasikan
Menyimpulkan
hasil analisis kasus pelanggaran hak
dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil kajian kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban secara lisan
dan tertulis
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain
-
Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan kasus
pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara
lain
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran hak dan
pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran
kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.5 Mengevaluasi peran Indonesia
dalam hubungan Internasional
4.5 Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan
internasional.
|
Peran
Indonesia dalam hubungan internasional
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber/media masa, peran Indonesia
dalam hubungan internasional
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan peran Indonesia dalam hubungan internasional secar factual sampai yang
bersifat hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
·
Mengasosiasikan
Mengambil
kesimpulan hasil evaluasi dari
berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
·
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil evaluasi dari berbagai
media massa peran Indonesia dalam hubungan internasional secara lisan tertulis
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Peran Indonesia
dalam hubungan internasional
-
Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan Peran Indonesia dalam hubungan internasional
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang Peran
Indonesia dalam hubungan internasional (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang Peran Indonesia
dalam hubungan internasional
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.6
Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam
menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menyaji hasil analisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap
negara dalam memperkokoh persatuan bangsa.
4.8.1 Berinteraksi dengan teman dan orang lain
berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
Strategi yang diterapkan
negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan
bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang strategi yang
diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam
memperkokoh persatuan
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan
strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman
terhadap Negara mulai dari factual
sampai yang bersifat hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang strategi yang
diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara
·
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan
ancaman dengan fakta-fakta yang ada dilapangan
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil secara lisan dan tertulis hasil analisis strategi yang diterapkan
negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia
dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan
-
Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan strategi
yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara
dalam memperkokoh persatuan
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang strategi yang diterapkan
negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam
memperkokoh persatuan (format portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia
dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7 Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.7 Menyaji hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.8.2
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaran
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
·
Dinamika
penyelenggaraan Negara dalam Konsep NKRI
·
Dinamika
penyelenggaraan Negara dalam konsep Negara federal
|
·
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.
·
Menanya
Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan dinamika penyelenggaraan
negara dalam konsep
NKRI dan
konsep negara federal mulai dari factual sampai yang bersifat
hipotesis
·
Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari
dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
·
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan antara tentang dinamika penyelenggaraan negara
dalam konsep
NKRI dan
konsep negara federal
·
Mengkomunikasikan
Menyampaikan
hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal secara
lisan dan tertulis
|
1. Tugas:
-
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan
negara dalam konsep
NKRI dan
konsep negara federal
-
Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
-
Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)
2.
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan
baik individu maupun kelompok tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal (format
portofolio terlampir)
4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil
belajar secara individu tentang dinamika penyelenggaraan
negara dalam konsep
NKRI dan
konsep negara federal
|
5 minggu x JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
Mengetahui Palabuhanratu, Juli 2016
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Mafahir Endang
Subenowati, S.Pd
Contoh
PENILAIAN
PRESENTASI
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun :
...............................................................................................
Nama/kelompok :
...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata
Pelajaran : ...............................................................................................
Judul
Presentasi : ………………………………………………………………………
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.
Ide pokok laporan
b.
Keruntutan berpikir dari latar
belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.
Penggunaan Bahasa Indonesia.
|
15%
|
|
|
2
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.
Kelancaran penyampaian gagasan
b.
Kejelasan metode dan prosedur
kerja
|
15%
|
|
|
3
|
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.
Bukti empirik atas argumen
b.
Konsistensi argumentasi
|
15%
|
|
|
4
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.
Sifat kebaruan hasil karya
b.
Kesesuaian antara materi penulisan
dengan penugasan dari guru
|
15%
|
|
|
5
|
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
|
20%
|
|
|
|
a.
Kemampuan berargumentasi,
ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.
Keruntutan dalam penalaran
c.
Ketepatan dalam menjawab
pertanyaan
d.
Akurasi uraian materi dengan
kesimpulan
|
|
|
|
6
|
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
|
15%
|
|
|
|
a.
Originalitas atas keaslian
karya
b.
Keefektifan atau pencapaian
tujuan/prestasi
c.
Dampak atau manfaatnya
|
|
|
|
7
|
SIKAP DALAM PRESENTASI
|
5%
|
|
|
|
a.
Kerapihan
b.
Kesopanan
|
|
|
|
Catatan : Skor
1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
Palabuhanratu, Juli 2016
Guru Mata Pelajaran
Endang Subenowati, S.Pd
Contoh
PENILAIAN
PORTOFOLIO
(hasil
pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun : ...............................................................................................
Nama peserta didik :
...............................................................................................
Kelas/Smt : ...............................................................................................
Mata
Pelajaran : ...............................................................................................
Kompetensi
Inti/Kompetensi Dasar :
………………………………………………………………………
No
|
Komponen Portofolio
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1
|
KERUNTUTAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
d.
Runtut dari tugas awal sampai
akhir (lengkap)
e.
Runtut berdasarkan hari,
tanggal, bulan dan tahun
f.
………………….
|
25%
|
|
|
2
|
KELENGKAPAN PORTOFOLIO
c.
a. Lengkap setiap Kompetensi Inti dan Kompentensi Dasar
d.
b. …………………………..
|
25%
|
|
|
3
|
KERAPIAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
c.
Rapi dan tidak kotor
d.
………………………
|
25%
|
|
|
4
|
KEBERMANFAATAN PORTOFOLIO
c.
Bermanfaat untuk perbaikan
dimasa depan
d.
………………………..
|
25%
|
|
|
Catatan : Skor
1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
Nilai = bobot x skor
Palabuhanratu, Juli 2016
Guru
Mata Pelajaran
Endang Subenowati, S.Pd
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda