RPP kelas XI bab 4 K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK Al-Fajar Palabuhanratu
Kelas/Semester : XI/1
Mata
Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKn)
Materi
Pokok : Mengupas Penyelenggaraan Kekuasaan Negara
Alokasi Waktu : 6 x 45
menit (4 X Pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1
|
1.1. Menghayati persamaan kedudukan warga
negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya,
dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
1.1.1 Menunjukkan
perilaku beriman dan bertakwa
sebagai wujud pengamalan
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.1.2 Menunjukkan
rasa syukur karena Indonesia memiliki
sistem hukum dan peradilan nasional
|
2
|
2.3 Mengamalkan
nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan
(Ipoleksosbudhankam dan hukum).
|
2.2.1
Menunjukkan
perilaku jujur dilingkungan
sekolahsebagai perwujudan
sadar
hukum
2.2.2 Menunjukkan
perilaku tanggungjawab di lingkungan sekolahsebagai perwujudan warga Negara yang
sadar akan hukum
2.2.3 Menunjukkan
perilaku disiplin di lingkungan sekolahsebagai perwujudan kepatuhan terhadap
hukum yang
|
3
|
3.4 Menganalisis sistem pembagian kekuasaan
pemerintahan negara, kementerian negara, dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang
Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
|
3.4.1
Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan NKRI
3.4.2
Menganalisis kedudukan dan fungsi kementerian negara pada NKRI
3.4.3
Menganalisis kedudukan dan fungsi
pemerintahan daerah dalam lingkup NKRI
|
4.
|
4.4 Menyaji hasil analisis tentang sistem pembagian kekuasaan pemerintahan negara,
kementerian negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945.
|
4.4.1 Menyaji
hasil analisis terkait sistem pembagian kekuasaan pemerintahan NKRI
4.4.2.Menyaji
hasil analisis keududukan dan fungsi kementerian negara dan pemerintahan
daerah dalam lingkup NKRI
|
C. Tujuan Pembelajaran :
Pertemuan 1.
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi
dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.
Memahami
macam-macam kekuasaan Negara.
2.
Menganalisis
konsep pembagian kekuasaan di Indonesia.
3.
Menyaji
hasil analisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Republik Indonesia
4.
Menunjukkan sikap jujur, kerja sama dan tanggung jawab
Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi
dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menganalisis kedudukan dan fungsi kementerian Negara RI
2. Menganalisis kedudukan dan fungsi lembaga
pemerintahan non kementerian.
3. Menyaji hasil analisis terkait kedudukan
dan fungsi kementerian dan lembaga pemerintah
non kementerian .
4. Menunjukkan santun, responsif dan tanggung jawab
Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan Informasi, mengasosiasi
dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
1.
Memahami
konsep Pemerintahan Daerah dalam
kerangka NKRI.
2.
Memahami
kewenangan pemerintahan daerah
3.
Membedakan
kewenangan pemerintahan pusat dan daerah
4.
Menyajikan
hasil analisis tentang kedududukan dan fungsi pemerintahan daerah.
5.
Menunjukan
sikap
toleran, disiplin, peduli dan
pro aktif
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
Negara
Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic
Konsep
1.
Sistem pembagian kekuasaan negara Republik Indonesia
a.
pembagian kekuasaan secara horizontal
b.
pembagian kekuasaan secara vertikal
2.
Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara RI.
3.
Kedudukan dan fungsi Lembaga Pemerintah Non-Kementerian
4.
Kedudukan dan Fungsi Pemerintahan daerah
dalam kerangka NKRI.
Prinsip
1. Undang-Undang
Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.
2. Kepres RI
Nomor 103 Tahun 2001 tentang kedudukan tugas, fungsi, kewenangan, susunan
organisasi dan tata kerja lembaga pemerintah non kementerian.
3. Undang-undang
Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
4. Perpres Nomor
47 Tahun 2009 tentang pembentukan dan organisasi Kementrian Negara RI.
Prosedur
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : Discovery learning
3.
Metode : Ceramah,
Penugasan/ bekerja
dalam
kelompok,tanya jawab.
F. Alat/Media/Bahan
Alat/media : LCD Projector, Gambar foto Kabinet.
§ Sumber Belajar :
1)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta/:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 92 - 119
2)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku
Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman:
102 -
115
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar;
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan,
kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.
Guru
memberikan motivasi dan bersyukur bahwa Negara Indonesia memiliki sistem
pemerintahan yang demokratis sehingga setiap warga Negara mempunyai hak,
kewajiban dan kedudukan yang sama dalam pemerintahan
3.
Guru
menyampaikan topik tentang memahami sistem pembagian kekuasaan pemerintahan
negara RI dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta informasi
kegiatan yang akan dilaksanakan
|
10
menit
|
Inti
|
a.
Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati
gambar 4.1
b.
Menanya
·
Peserta didik dapat diberi motivasi untuk mengajukan
pertanyaan lanjutan dari apa yang sudah mereka amati dari gambar 4.1
·
Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
peserta didik dan dapat juga memberikan kesempatan peserta didik lain untuk
menjawabnya.
c.
Mengumpulkan Informasi
peserta didik
dianjurkan untuk menggunakan sumber lain dari internet; web, media sosial
lainnya dalam mempelajari sistem
pembagian kekuasaan negara RI yang meliputi macam-macam kekuasaan negara dan
konsep pembagian kekuasaan di Indonesia.
d.
Mengasosiasikan
Peserta didik menyimpulkan konsep
pembagian kekuasaan di Indonesia
dikaitkan dengan pembagian tugas dan
wewenang lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945.
e.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil tugas kelompok
secara bergantian dan peserta didik lain diminta untuk menanggapi atau
melengkapi jawabannya.
·
Hasil
pekerjaan kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari guru.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut.
2.
Peserta
didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini .
3.
Guru
memberikan penanaman kesadaran berkonstitusi dan menutup kegiatan dengan
mengucap rasa syukur kepada Tuhan YME karena telah berjalan baik dan lancar.
|
10
menit
|
Penilaian Pertemuan 1
1.
Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama
proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik
menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan
observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian
peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan
pendapat, juga aspek kerja sama dalam kelompok.
2.
Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru juga melihat
kemampuan peserta didik dalam menjawab
pertanyan
terkait dengan pentingnya
kekuasaan negara dan tugas , wewenang lembaga-lembaga negara.
3.
Penilaian
ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam
mempresntasikan hasil tugas kelompoknya.
Pertemuan 2
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar;
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan,
kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.
Guru
menyampaikan topik tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara RI dan Lembaga
Pemerintah Non-Kementerian.
3.
Guru
menyampaikan topik dan kompetensi yang akan dicapai serta menginformasikan
kegiatan yang akan dilaksanakan.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Mengumpulkan Informasi
·
Jika dimungkinkan
Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari buku lain yang
relevan, internet; web, media sosial
lainnya terkait dengan kedudukan dan fungsi kementerian negara RI dan lembaga
pemerintah non kementerian.
2.
Mengasosiasikan
·
Dengan
bimbingan guru peserta didik menyimpulkan pentingnya keberadaan kementerian
negara dan lembaga non kementerian Negara dalam membantu tugas-tugas presiden
menjalan kekuasaan pemerintahan.
·
Selanjutnya
peserta didik diminta mengerjakan tugas secara berkelompok untuk menyimpulkan
tugas dan fungsi kementerian Negara
dan lembaga-lembaga pemerintah non kementerian (tugas kelompok 4.2).
3. Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil tugas
kelompoknya secara lisan.
Masing-masing kelompok saling menanggapi jawaban kelompok lainnya.
·
Hasil
tugas kelompok dikumpulkan untuk
mendapatkan penilaian.
|
75 menit
|
Penutup
|
1. Guru menanyakan peserta didik apakah sudah memahami materi yang telah
dipelajari.
2. Guru dan Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah di bahas pada pertemuan ini.
3. Sebagai penutup guru menanamkan kesadaran
berkonstitusi dan mengucapkan rasa syukur karena kegiatan dapat berjalan
dengan baik dan lancar.
|
10 menit
|
Penilaian Pertemuan 2
1.
Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama
proses diskusi berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam
observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik
pada saat diskusi berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat,
argumentasi/menjawab pertanyaan serta aspek kerja sama kelompok.
2.
Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru menilai dari
jawaban peserta ddidik dalam melengkapi jawaban pertanyaan
mengelompokan kementerian negara dan mengidentifikasi tugas dan fungsi lembaga
pemerintah non kementerian.
3.
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat
kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan
menjawab/mempertahankan argummentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan
masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas (mengkomunikasikan
secara lisan)
Pertemuan 3
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar;
kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan,
kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.
Guru
memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat sehat sehingga bisa menjalankan
aktifitas hari
3.
Guru
menyampaikan topik tentang Kedudukan dan fungsi pemerintah daerah dalam
kerangka NKRI, Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu,
guru menanyakan isu-isu aktual terkait
dengan pemerintahan daerah.
4.
Guru
menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai serta menginfromasikan
kegiatan yang akan dilaksanakan dengan metode Inquiry
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Mengumpulkan Informasi
Jika dimungkinkan Peserta didik
dianjurkan untuk menggunakan sumber dari internet; web, media sosial lainnya
dalam menganalisis lebih dalam konsep pemerintahan daerah, hak dan kewajiban daerah
otonomi serta memahami kewenangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah .
2.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik secara kelompok menganalisis lebih dalam tentang konsep pemerintahan
daerah, hak dan kewajiban daerah otonomi serta memahami kewenangan yang
dimiliki oleh pemerintah daerah .
·
Mengerjakan
tugas kelompok 4.3 dengan teman sebangku terkait dengan pengamatan baik
secara langsung atau tidak langsung (dari buku sumber, media cetak atau media
elektronik) terhadap kualitas pelaksanaan kewenangan pemerintahan di
daerahnya.
3.
Mengkomunikasikan
Perwakilan Kelompok menyampaikan hasil
analisis diskusi dalam kelompok dihadapan peserta didik dari kelompok lain .
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah
memahami materi pelajaran tersebut.
2.
Peserta
didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini .
3. Peserta didik diminta untuk melakukan
refleksi dengan menyebutkan bentuk
sikap positif yang dapat dilakukan pesert didik terhadap Sistem
Pemerintahan Indonesia baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
4. Guru menanamkan
kesadaran berkonstitusi dan diakhiri dengan mengucapkan rasa syukur karena
kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.
|
10 menit
|
Penilaian Pertemuan 3
1.
Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama
proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik
menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi.
Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta
didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga
aspek kerja sama, dan tentu ketepatan peserta didik pada saat menjawab
pertanyaan.
2.
Sebagai
uji kompetensi (pengetahuan), guru dapat melihat kemampuan peserta didik dapat
menjawab/melengkapi pertanyaan yang terdapat rubrik uji kompetensi bab 4.
Selain itu juga, guru mendorong siswa untuk mengisi rubric penilaian afektif
yang berupa penilaian diri atas pengetahuan dan pemahaman terhadap unsur-unsur
pemerintahan.
3.
Penilaian
Keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam
mengkomunikasikan hasil analisis diskusi kelompok secara lisan mapun secara
tertulis (hasil analisis kelompok dikumpulkan).
v Instrumen
penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.
Mengetahui Palabuhanratu, Juli 2016
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs. Mafahir Endang Subenowati, S.Pd
Catatan Kepala
Sekolah
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran
1
FORMAT
PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP
SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan pembelajaran. Pada kolom sikap
spiritual dan sosial, tuliskan
skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan
rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata
skor tersebut tersebut
ke dalam nilai kualitatif berikut ini
Interval
|
Nilai
Kualitatif
|
3,66 – 4,00
|
SB (Sangat Baik)
|
2,66 – 3,33
|
B (Baik)
|
1,66 – 2,33
|
C (Cukup)
|
< 1,33
|
K (Kurang)
|
Nama
Sekolah : ………………………………………………..
Kelas : ………………………………………………..
Kompetensi
Dasar : ………………………………………………..
Materi Pokok : ………………………………………………..
Periode Penilaian : ……………………….s.d ……………….....
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Spiritual dan Sosial
|
Total Skor
|
Rata-Rata
|
Nilai Kualitatif
|
Deskripsi
|
||||||||||
1. Jujur
|
2. Disiplin
|
3. Tangg. jawab
|
4. Toleran
|
5. Gtng Royong
|
6. Kerjasama
|
7. Santun
|
8. Damai
|
9. Responsif
|
10.Proaktif
|
Taatmenjalankan agama
|
||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK
PENSKORAN
1.
Aspek : Jujur
No.
|
Indikator Kejujuran
|
Penilaian Kejujuran
|
1.
|
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
|
2.
|
Tidak
menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan
sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
|
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
|
3.
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
Skor
3 jika 5 indikator muncul
|
4.
|
Melaporkan barang yang
ditemukan
|
Skor
4 jika 6 indikator muncul
|
5.
|
Melaporkan data atau
informasi apa adanya
|
|
6.
|
Mengakui kesalahan atau
kekurangan yang dimiliki
|
|
2.
Aspek : Disiplin
No.
|
Indikator Disiplin
|
Penilaian Disiplin
|
1.
|
sama
sekali tidak bersikap disiplin
selama proses pembelajaran.
|
Kurang (1)
|
2.
|
menunjukkan ada
sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih
belum ajeg/konsisten
|
Cukup (2)
|
3.
|
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin
selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
|
Baik (3)
|
4.
|
menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan
ajeg/konsisten.
|
Sangat baik (4)
|
3. Aspek :
Tanggungjawab
No.
|
Indikator Tanggungjawab
|
Penilaian Tanggungjawab
|
1.
|
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
|
Skor 1
jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
|
Skor 2
jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
3.
|
Mengembalikan barang yang
dipinjam
|
Skor 3
jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
|
4.
|
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
Skor 4
jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik
|
4. Aspek :
Toleran
No.
|
Indikator Toleran
|
Penilaian Toleran
|
1.
|
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
|
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten
ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras,
budaya, dan gender
|
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta
didik
|
3.
|
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan
pendapatnya
|
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta
didik
|
4.
|
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
|
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta
didik
|
5. Aspek :
Gotong Royong
No.
|
Indikator Gotong Royong
|
Penilaian Gotong Royong
|
1.
|
Saling
membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2.
|
Bersama-sama
dalam mengerjakan tugas kelompok
|
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
|
3.
|
Mengajak
teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
|
Skor
3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4.
|
Membagi
pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
|
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator
|
6. Aspek :
Kerjasama
No.
|
Indikator Kerjasama
|
Penilaian Kerjasama
|
1.
|
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
|
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten
ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta
didik
|
3.
|
Bersedia
membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
|
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta
didik
|
4.
|
Rela
berkorban untuk teman lain
|
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta
didik
|
7. Aspek :
Santun
No.
|
Indikator Santun
|
Penilaian Santun
|
1.
|
Baik
budi bahasanya (sopan ucapannya)
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2.
|
Menggunakan
ungkapan yang tepat
|
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
|
3.
|
Mengekspresikan
wajah yang cerah
|
Skor
3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4.
|
Berperilaku sopan
|
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator
|
8. Aspek :
Damai
No.
|
Indikator Damai
|
Penilaian Damai
|
1.
|
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2.
|
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
|
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
|
3.
|
Menghormati
dan menghargai setiap perbedaan yang ada
|
Skor
3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4.
|
Mengindari konflik atau
petentangan dalam perggaulan
|
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator
|
9. Aspek :
Responsif
No.
|
Indikator
Responsif
|
Penilaian
Responsif
|
1.
|
Acuh (tidak merespon)
|
1 (Kurang)
|
2.
|
Ragu-ragu/bimbang
dalam merespon
|
2 (Cukup)
|
3.
|
Lamban memberikan respon/tanggapan
|
3 (Baik)
|
4.
|
Cepat merespon/menanggapi
|
4 (Sangat Baik)
|
10. Aspek : Proaktif
No.
|
Indikator Proaktif
|
Penilaian Proaktif
|
1
|
berinisiatif dalam bertindak
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2
|
mampu menggunakan kesempatan
|
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
|
3
|
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
|
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4
|
bertindak dengan penuh tanggung jawab
|
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator
|
11. Aspek :
Taat Menjalankan Agama
No.
|
Indikator
Ketaatan Menjalankan Agama
|
Penilaian
Ketaatan Menjalankan Agama
|
1
|
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
|
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
|
2
|
Teratur dalam menjalankan agamanya
|
Skor
2 jikaterpenuhi dua indikator
|
3
|
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
|
Skor
3 jikaterpenuhi tiga indikator
|
4
|
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
|
Skor
4 jikaterpenuhi semua indikator
|
Lampiran
2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”
Nama Siswa :
....................................................................
Kelas/Semester :
X ….. / I
Materi/Bab :
....................................................................
Indikator :
1. Memiliki
motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.
Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.
bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.
menunjukkan
sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.
menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil
diskusi
6.
Menunjukkan
sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
Untuk
pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai
dengan pendapatmu !, jika :
|
||
|
·
A = Selalu
|
|
|
·
B = Sering
|
|
|
·
C = Jarang
|
|
|
·
D = Tidak pernah
|
|
1
|
![]() |
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan
kesiapan menjelang Ulangan Harian
|
2
|
![]() |
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan
dalam ulangan harian nanti
|
3
|
![]() |
Saya
bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
|
4
|
![]() |
Saya
menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
|
5
|
![]() |
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam
mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
|
6
|
![]() |
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan
pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
|
Pedoman
Penskoran:
Skor 4,
jika A = Selalu Skor 2, jika C
= Jarang
Skor 3,
jika B = Sering Skor 1, jika D
= Tidak pernah
Skor Perolehan = 

Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)
Satuan
Pendidikan : .................................
Kelas :
.................................
Materi : .................................
Teman
yang Dinilai : .................................
Penilai :
.................................
Indikator:
1.
Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika
mengerjakan tugas
2.
Siswa tangguh dalam
menyelesaikan masalah
3.
Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.
Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan
tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian

Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI
KEGIATAN DISKUSI
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang).
Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri
dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian,
tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Penilaian
|
|||
Sikap
|
Pendapat
|
Bahasa
|
Rata-rata Skor Angka
|
Kode
Nilai
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Sikap : kesopanan, kerjasama, semangat, toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan
sikap terpuji.
2.
Pendapat : rasional, teliti, jelas, relevan,
sistematis dan keaktifan pendapat
3.
Bahasa : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar
Peserta didik memperoleh nilai
:
Interval
|
Nilai
Kualitatif
|
3,66 – 4,00
|
SB (Sangat Baik)
|
2,66 – 3,33
|
B (Baik)
|
1,66 – 2,33
|
C (Cukup)
|
< 1,33
|
K (Kurang)
|
Lampiran 5
LEMBAR
KINERJA PRESENTASI
Mata Pelajaran :
...............................................
Materi :
...............................................
Kelompok :
...............................................
No
|
Nama Siswa
|
Kinerja Presentasi
|
Jmlh Skor
|
Nilai
|
|||
Kreatifi
tas
|
Kebenaran substansi
|
Penyajian materi
|
Visual/
grafis
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian
skor
4. Sangat tinggi
3. Tinggi
2. Cukup tinggi
1. Kurang
Keterangan:
NO
|
INDIKATOR
|
URAIAN
|
|
1
|
Kreativitas
|
Baru, unik, tidak asal berbeda
|
|
2
|
Kebenaran
substansi materi
|
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
|
|
3
|
Penyajian
Materi
|
§
Runut
sesuai dengan struktur keilmuan
§
Mengikuti
alur logika yang jelas ( sistimatis )
Bervariasi
|
|
4
|
Grafis
|
§
Tampilan
layar ( warna, tataletak (layout))
§
Ilustrasi
|
|
Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok.
Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut:
A (Baik), B (Cukup),
dan C (Kurang).
Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri
dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian,
tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
Kelas :............................
Kelompok :............................
Topik :............................
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Penilaian
|
|||
Partisipasi
|
Sikap
|
Kerjasama
|
Rata-rata Skor Angka
|
Kode
Nilai
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Partisipasi:
persiapan, keaktifan kerja dan tanggung
jawab
melaksanakan tugas
2. Sikap:
menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan
tugas bersama anggota tim lainnya
3. Kerjasama:
koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku
pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya
Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN
LAPORAN PRAKTIK
KEWARGANEGARAAN
Petunjuk:
Lembaran ini
diisi oleh
guru
untuk menilai
dokumen laporan
hasil Praktik
Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang).
Pada kolom Nilai, tuliskan skor
angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia.
Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi
11. Konversikan Nilai Akhir tersebut
ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama : ...........................
Kelompok : ............................
Topik : ............................
No
|
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Catatan
|
A
|
Menjelaskan Masalah
|
|
|
|
1. Kelengkapan
|
|
|
|
2. Kejelasan
|
|
|
|
3. Sumber
|
|
|
|
4. Data Pendukung
|
|
|
|
5. Grafis/Ilustrasi/Tabel
|
|
|
|
6. Dokumentasi
|
|
|
B
|
Keaslian/bukan Flagiat
|
|
|
C
|
Sistematis dalam Laporan
|
|
|
D
|
Penulisan Bahasa
|
|
|
E
|
Tandan Tangan Orang Tua
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Nilai
|
|
|
Lampiran
8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK
KEWARGANEGARAAN
Petunjuk

Kelas :............................
Kelompok :............................
Topik :............................
No
|
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Catatan
|
1
|
Signifikansi (kebermaknaan informasi)
|
|
|
2
|
Pemahaman
terhadap materi
|
|
|
3
|
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)
|
|
|
4
|
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)
|
|
|
5
|
Kerjasama Kelompok
(berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
|
Lampiran 9
FORMAT PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi
yang dinilai tergantung pada penilaian yang
dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan
format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf
pada kolom yang
tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.
Nama Siswa :
.........................................................................
Kelas :
............................
Materi/Bab :
.........................................................................
Tugas/Diskusi
|
Penilaian
|
||||
Nilai Kualitatif
|
Skor Angka
|
||||
1.
Tugas Mandiri
|
|
|
|||
2.
Tugas Kelompok
|
|
|
|||
3.
Uji Kompetensi
|
|
|
|||
4. Penilaian Afektif/(Spiritual
dan Sosial)
|
|
|
|||
5.
Praktek Kewarganegaraan
|
|
|
|||
Catatan perilaku
Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir
|
Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:
|

Lampiran 10.
KONVERSI KONPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP
Predikat
|
Rentang Nilai
|
Nilai Kompetensi
|
||
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
Sikap
|
||
A
|
99 – 100
|
4
|
4
|
SB
|
A-
|
91 – 95
|
3,66
|
3,66
|
|
B+
|
85 – 90
|
3,33
|
3,33
|
B
|
B
|
80 – 84
|
3
|
3
|
|
B-
|
75 – 79
|
2,66
|
2,66
|
|
C+
|
70 – 74
|
2,33
|
2,33
|
C
|
C
|
65 – 69
|
2
|
2
|
|
C-
|
60 – 64
|
1,66
|
1,66
|
|
D+
|
55 – 59
|
1,33
|
1,33
|
K
|
D
|
≥ 55
|
1
|
1
|
v
Kriteria Ketuntasan
Ø Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar
pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda