Jumat, 24 Februari 2017

RPP kelas XI bab 3 K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

          Sekolah                 : SMK Al-Fajar Palabuahanratu
          Kelas/Semester     : XI/1
          Mata Pelajaran      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
          Materi Pokok           : Menelusuri Dinamika Demokrasi dalam Kehidupan  
                                           Bermasyarakat,Berbangsa dan   Bernegara                 
          Alokasi Waktu       : 8 x 45  menit (4 X Pertemuan )

A.   Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
1.1.1  Menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa sebagai wujud pengamalan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.1.2 Menunjukkan rasa syukur karena Indonesia  memiliki sistem hukum dan peradilan nasional
2
 2.5 Menghayati budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran bernegara kesatuan dalam konteks NKRI
2.2.1    Menunjukkan perilaku jujur dilingkungan sekolahsebagai perwujudan  sadar hukum
2.2.2    Menunjukkan perilaku tanggungjawab di lingkungan sekolahsebagai perwujudan warga Negara yang sadar akan hukum
2.2.3    Menunjukkan perilaku disiplin di lingkungan sekolahsebagai perwujudan kepatuhan terhadap hukum yang
3
3.3    Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

3.3.1.   Menjelaskan  hakikat demokrasi.
3.3.2.  Menganalisis penerapan demokrasi di Indonesia.
3.3.3.  Mengidentifikasi perilaku yang mendukung tegaknya nilai-nilai demokrasi.

4.
4.3    Menyaji hasil análisis tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

4.3.1    Menyaji hasil analisis penerapan demokrasi di Indonesia
4.3.2    Mempresentasikan hasil analisis tentang perilaku yang mendukung tegaknya nilai-nilai demokrasi



C.   Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.    Menjelaskan makna demokrasi.
b.    Menguraikan macam-macam  demokrasi.
c.    Menjelaskan prinsip-prinsip demokrasi.
d.    Menganalisis jenis  dan prinsip-prinsip demokrasi yang diterapkan di Indonesia.
e.    Menyaji hasil analisis terkait jenis dan prinsip- prinsip demokrasi yang diterapkan di Indonesia.
f.     Menunjukkan sikap jujur, kerja sama dan tanggung jawab

Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.    Menguraikan  prinsip-prinsip yang terkandung dalam  Demokrasi Pancasila.
b.    Menjelaskan pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada berbagai kurun waktu.
c.    Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada berbagai kurun waktu.
d.    Menyaji hasil analisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada berbagai kurun
     waktu.
e.    Menunjukkan  santun, responsif dan tanggung jawab

Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan  pentingnya kehidupan yang   demokratis.
  2. Mendiskripsikan  perilaku yang mendukung tegaknya nilai-nilai demokrasi.
  3. Mengidentifikasi  perilaku yang mencerminkan upaya menegakan nilai-nilai demokrasi
  4. Menyaji hasil  identifikasi perilaku yang mencerminkan upaya menegakan nilai-nilai demokrasi.
  5. Menunjukan sikap toleran, disiplin, peduli dan pro aktif

D.   Materi Pembelajaran

Fakta
1.      Indonesia adalah Negara demokrasi  berdasarkan Pancasila
2.      Pelaksanaan deokrasi dari berbagai kurun waktu dipengaruhi oleh sistem pemerintahan, UUD yang berlaku pada masanya yaitu periode 1945 - 1949, periode 1949 - 1959, periode 1959 – 1965, periode 1965 – 1998, periode 1998 – sekarang
Konsep
1.    Makana Demokrasi
2.    Prinsip-prinsip Demokrasi
3.    Prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila
4.    Pentingnya kehidupan yang demokratis
5.    Perilaku yang mendukung  tegakanya nilai-nilai demokrasi

Prinsip

suatu negara disebut  sebagai negara demokrasi apabila dalama pemerintahan rakyat memiliki persamaan dimuka hukum, memiliki kesempatan  berpartisipasi dalam pembuatan keputusan dan memperoleh pendapat yang layak .

Prosedur


E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                     : Saintifik
2.       Model Pembelajaran        :  Discovery  learning
3.       Metode                            : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
F.       Alat/Media/Bahan
Alat/media                 : LCD Projector, Gambar, peta Indonesia

§  Sumber Belajar     :
1)        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 59 – 91.
G.      Kegiatan Pembelajaran





Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.     Guru memberikan motivasi dan mengungkapkan rasa syukur karena Indonesia menerapkan system demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan berenegara.
3.     Guru menyampaikan topik tentang “Hakikat demokrasi” dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

10 menit
Inti
1.     Mengamati
Peserta didik diminta untuk  mengamati gambar 3.1 yang terdapat pada Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI.

2.     Menanya
Ø  Peserta didik  diminta untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan gambar 3.1
Ø  Guru menjawab pertanyaan dari peserta didik, atau bisa juga meminta peserta didik  yang lain untuk menjawab pertanyaan temannya.

3.     Mengumpulkan Informasi
Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI dan  buku sumber lainnya yang relevan, internet, web, media sosial lainnya dalam memahami makna dan prinsip-prinsip demokrasi, mengkaji perbedaan negara demokrasi dengan negara otoriter dan menganalisis jenis demokrasi yang dilaksanakan di Indonesia.

4.     Mengasosiasi
Ø  Menganalisis dan menyimpulkan puisi berjudul Demokrasi Kebun Binatang karya Taufik Ismail dikaitkan dengan pelaksaanaan demokrasi.
Ø  Peserta didik  diminta untuk mengerjakan tugas mandiri 3.1 yaitu mengkaji perbedaan negara demokrasi dengan negara otoriter dikaitkan dengan pelaksanaan demokrasi  di Indonesia.

5.     Mengkomunikasikan
Ø  Beberapa peserta didik diminta  untuk membacakan hasil kajiannya   dan peserta didik yang lain di minta untuk memberikan tanggapannya.
Ø  Hasil tugas mandiri di kumpulkan untuk mendapatkan penilaian.


70 menit







Penutup
1.   Peserta didik   ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.   Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini sebagai refleksi.
3.   Guru menugaskan peserta didik untuk mengerjakan tugas kelompok 3.1 yaitu melakukan pengamatan pelaksanaan prinsip-prinsip demokrasi di sekolah terkait dengan pergaulan antar siswa dengan siswa, siswa dengan guru/kepala sekolah, guru dengan guru atau guru dengan kepala sekolah.
4.   Guru menanamkan kesadaran berkonstitusi kepada peserta didik dan dilanjutkan mengucapkan rasa syukur karena pelajaran kali ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 1
1.   Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian sikap  dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian, kerja sama peserta didik pada saat mengerjakan tugas mengkaji perbedaan negara demokrasi dengan negara otoriter, menganalisis jenis demokrasi yang sedang dilaksanakan di Indonesia.
2.   Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan  Tugas Mandiri  3.1 dan dapat dilihat dari  ketepatan peserta didik pada saat menjawab pertanyaan dari guru secara lisan/tertulis yang terkait dengan materi yang baru saja dikaji, antara lain.
                a. Jelaskan  pengertian  demokrasi !
            b. Uraikan macam-macam demokrasi !
            c. Jelaskan  apa yang kamu ketahui tentang prinsip-prinsip demokrasi !
3.   Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dapat dilihat dari  kemampuan menyampaikan pendapat atau mempresentasikan hasil tugasnya. Penilaian pengetahuan dapat dilihat dari  ketepatan peserta didik pada saat menjawab pertanyaan dari guru.

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.     Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat sehat sehingga bisa menjalankan aktifitas hari
3.     Guru menyampaikan topik tentang “Pelaksanaan demokrasi di Indonesia”, namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, guru menanyakan tugas kelompok pada minggu pertama, salah satu kelompok diminta untuk membacakan hasil pengamatnnya. Hasil tugas kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian.
4.     Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan.

5 menit
Inti
1.       Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 3.3 yang terdapat pada buku teks PPKn kelas XI.

2.       Menanya
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan gambar 3.3, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda.

3.       Mengumpulkan Informasi
a.    Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari Buku PPKn Kelas XI siswa atau buku lain yang relevan, internet; web, media sosial lainnya.
b.   Peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok untuk mencari informasi mengenai  pelaksanaan demokrasi di Indonesia dari berbagai kurun waktu.
Ø  Kelompok 1 : Pelaksanaan demokrasi di Indonesia periode 1945 – 1949.
Ø  Kelompok 2 :  pelaksanaan demokrasi di Indonesia periode 1949 – 1959.
Ø  Kelompok 3 : Pelaksanaan demokrasi di Indonesia periode 1959 – 1965.
Ø  Kelompok 4 : Pelaksanaan demokrasi di Indonesia periode  1965 – 1998.
Ø  Kelompok 5 : Pelaksanaan demokrasi di Indonesia periode  1998 – sekarang.

4.       Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan analisis/diskusi  terhadap karakteristik pelaksanaan demokrasi dalam berbagai berbagai kurun waktu.

5.       Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan  hasil diskusinya secara lisan. Masing-masing kelompok saling menanggapi jawaban kelompok lain.

75 menit
Penutup
1.   Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.   Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini sebagai refleksi.
3.   Guru memberikan tugas kelompok  3.2
4.   Guru menanamkan kesadaran berkonstitusi dan dilanjutkan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME karena kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 2
1.   Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat diskusi berlangsung yaitu bagaimana kemampuan peserta didik mempresentasikan hasil diskusi, menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama, dan tentu ketepatan peserta didik pada saat menjawab pertanyaan dari guru. Format dan rubrik penilaian sikap dan ketrampilan bisa dikembangkan dari contoh penilaian yang ada.
2.   Sebagai uji kompetensi, guru juga mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan  terkait dengan materi yang baru saja dikaji.
a.    Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 26 UUD Negara RI tahun 1945 !
b.   Jelaskan asas-asas yang dipakai dalam menentukan kewarganegaraan Indonesia!
c.    Jelaskan syarat-syarat untuk menjadi WNI sesuai dengan UU kewarganegaraan No. 12 tahun 2006?
d.   Jelaskan apa saja yang dapat menyebabkan kehilangan kewarganegaraan Indonesia ?
3.   Penilaian terhadap peserta didik dapat diambil dari jawaban pada uji kompetensi pada   materi yang baru saja dikaji.

Pertemuan 3

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.   Guru  secara acak meminta peserta didik untuk membacakan hasil tugas mandiri yang harus dikumpulkan pada pertemuan kedua  yaitu tugas kelompok 3.2. Kemudian mengulasnya secara singkat hasil tugas yang telah dibacakannya. Selanjutnya peserta didik diminta untuk mengumpulkan tugas masing-masing untuk diberikan penilaian.
3.   Guru menegaskan topik  pembelajaran dan  kompetensi  yang akan dicapai serta menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan.

10 menit
Inti
a.     Mengumpulkan Informasi
Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber selain Buku PPKN kelas XI yaitu  dari internet; web, media sosial lainnya dalam  mencari contoh-contoh perwujudan karakteristik negara demokratis dalam berbagai lingkungan dan contoh-contoh perilaku yang mencerminkan upaya menegakan nalai-nilai demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan bangsa dan negara.
b.     Mengasosiasikan
Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas mandiri yaitu menganalisis pelaksanaan karakteristik negara demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan negara dan menyimpulkan bentuk  perilaku yang mencerminkan upaya menegakan nalai-nilai demokrasi dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan bangsa dan negara.
c.      Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan hasil tugasnya  di depan kelas secara bergantian sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan.

70 menit
Penutup
1.    Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.    Guru mengarahkan peserta didik mengerjakan  tugas prektik belajar kewarganegaraan yang terdapat di akhir materi bab ini.

10 menit

Penilaian Pertemuan 3
1. Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama, dan tentu ketepatan peserta didik pada saat menjawab pertanyaan dari guru.
2. Sebagai uji kompetensi (pengetahuan), guru dapat melihat kemampuan peserta didik dapat menjawab/pertanyaan yang terdapat dalam rubrik uji kompetensi bab 3. Guru juga mendorong peserta didik untuk mengerjakan rubrik penilaian afektif untuk mengukur kecenderungan sikap dan perilaku peserta didik.
3. Pada pertemuan kali  ini, guru sudah dapat merekapitulasi penilaian sikap spiritual dan sosial setiap peserta didik untuk kompetensi dasar yang pertama. Sikap spritual dan sosial yang diukur dan dinilai meliputi kerjasama, tanggung jawab, toleran, kreatifitas, kejujuran, kecermatan, santun, responsip, proaktif dan taat menjalankan agama. Rekapitulasi nilai ini dapat dilakukan guru dengan bersumber dari hasil pengamatan guru yang dituangkan dalam jurnal harian guru maupun dari kegiatan-kegiatan lainnya. Adapun format rekapitulasinya dapat dilihat dalam format penilaian yang ada  di bagian Lampiran.
4. Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil praktek belajar kewarganegaraan pada bab ini.

v  Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.



Mengetahui                                                           Palabuhanratu,   Juli 2016
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran      



Drs. Mafahir                                                                    Endang Subenowati, S.Pd



Catatan Kepala Sekolah
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan  pembelajaran. Pada kolom sikap spiritual dan sosial, tuliskan skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata skor tersebut tersebut ke dalam nilai kualitatif berikut ini

Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Nama Sekolah            : SMK Al-Fajar Palabuhanratu
Kelas                         : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar      : ………………………………………………..
Materi Pokok                : ……………………………………………….. 
Periode Penilaian       : ……………………….s.d ……………….....

No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Total Skor
Rata-Rata
Nilai Kualitatif
Deskripsi
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tangg. jawab
4. Toleran
5. Gtng Royong
6. Kerjasama
7. Santun
8. Damai
9. Responsif
10.Proaktif
Taatmenjalankan agama
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















dst

















RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek       : Jujur
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2. Aspek       : Disiplin
No.
Indikator Disiplin
Penilaian Disiplin
1.
sama sekali tidak bersikap disiplin selama proses pembelajaran.
Kurang (1)
2.
menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Cukup  (2)
3.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Baik (3)
4.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Sangat baik (4)

3. Aspek       : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

4. Aspek       : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

5. Aspek       : Gotong Royong
No.
Indikator Gotong Royong
Penilaian Gotong Royong
1.
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Bersama-sama dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Membagi pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

6. Aspek       : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

7. Aspek       : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

8. Aspek       : Damai
No.
Indikator Damai
Penilaian Damai
1.
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

9. Aspek       : Responsif
No.
Indikator Responsif
Penilaian Responsif
1.
Acuh (tidak merespon)
1 (Kurang)
2.
Ragu-ragu/bimbang dalam merespon
2 (Cukup)
3.
Lamban memberikan respon/tanggapan
3 (Baik)
4.
Cepat merespon/menanggapi
4 (Sangat Baik)

10. Aspek     : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

11. Aspek     : Taat Menjalankan Agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator





Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”

Nama Siswa          : ....................................................................
Kelas/Semester     : X ….. / I
Materi/Bab           : ....................................................................

Indikator :
1.     Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.     Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.     bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.     menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.     menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.     Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jika :

·         A = Selalu

·         B = Sering

·         C = Jarang

·         D = Tidak pernah
1
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian
2
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti
3
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

6
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan  =

Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)

Satuan Pendidikan   : .................................
Kelas                       : .................................
Materi                     : .................................
Teman yang Dinilai  : .................................
Penilai                     : .................................

Indikator:                  
1.    Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas
2.    Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3.    Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.    Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian




Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman kamu.

Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  tidak bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  tidak meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
• Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
• Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
• Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
• Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

     Nilai = 
 



























Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI 
KEGIATAN DISKUSI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai





























Keterangan:
1.    Sikap        : kesopanan,          kerjasama,  semangat,    toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2.    Pendapat   : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3.    Bahasa      : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar

Peserta didik memperoleh nilai :
Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Lampiran 5

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran : ...............................................
Materi              : ...............................................
Kelompok          : ...............................................

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jmlh Skor
Nilai
Kreatifi
tas
Kebenaran substansi
Penyajian materi
Visual/
grafis
1







2







3







4







...








Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

Keterangan:

NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreativitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
3
Penyajian Materi
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas  ( sistimatis ) Bervariasi
4
Grafis
§ Tampilan layar ( warna, tataletak (layout))
§ Ilustrasi






Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas       :............................
Kelompok  :............................
Topik        :............................

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian

Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai
1






2






3






4






5






dst







Keterangan:
1.  Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.  Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.  Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
         
Petunjuk:
Lembaran  ini  diisi  oleh  guru  untuk  menilai  dokumen  laporan  hasil  Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi 11. Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama               : ...........................
Kelompok         : ............................
Topik                : ............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
A
Menjelaskan Masalah



1. Kelengkapan



2. Kejelasan



3. Sumber



4. Data Pendukung



5. Grafis/Ilustrasi/Tabel



6. Dokumentasi


B
Keaslian/bukan Flagiat


C
Sistematis dalam Laporan


D
Penulisan Bahasa


E
Tandan Tangan Orang Tua


Jumlah


Nilai



Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku siswa dalam presentasi laporan Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus = (Jumlah Nilai X 4)/10 . Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Kelas               :............................
Kelompok         :............................
Topik                :............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1
Signifikansi (kebermaknaan informasi)


2
Pemahaman terhadap materi


3
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)


4
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)


5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)


Jumlah Nilai


Nilai Akhir









Lampiran 9
FORMAT  PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi yang dinilai tergantung pada penilaian yang dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf  pada kolom yang tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.
Nama Siswa     : .........................................................................
Kelas               : ............................
Materi/Bab      : .........................................................................


Tugas/Diskusi

Penilaian
Nilai Kualitatif
Skor Angka
1. Tugas Mandiri


2. Tugas Kelompok


3. Uji Kompetensi


4. Penilaian Afektif/(Spiritual
    dan Sosial)


5. Praktek Kewarganegaraan


Catatan perilaku Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir



Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:


 










Lampiran 10.

KONVERSI KONPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP

Predikat
Rentang Nilai
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
99 – 100
4
4
SB
A-
91 – 95
3,66
3,66
B+
85 – 90
3,33
3,33

B
B
80 – 84
3
3
B-
75 – 79
2,66
2,66
C+
70 – 74
2,33
2,33

C
C
65 – 69
2
2
C-
60 – 64
1,66
1,66
D+
55 – 59
1,33
1,33
K
D
≥ 55
1
1

v  Kriteria Ketuntasan
Ø  Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø  Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B


Tidak ada komentar:

Posting Komentar