Jumat, 24 Februari 2017

RPP kelas XI K13 bab 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

            Sekolah                        : SMK AL-FAJAR PALABUHANRATU
            Kelas/Semester            : XI/1
            Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
            Materi Pokok    : Pasal-pasal yang mengatur wilayah negara, warga negara dan
                                          penduduk, agama dan keoercayaan, pertahanan keamanan
            Alokasi Waktu : 8 x 45  menit (4 X Pertemuan )

A.     Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.2. Mengamalkan isi pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.1.1  Menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa sebagai wujud pengamalan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.1.2 Menunjukkan rasa syukur karena Indonesia  memiliki sistem hukum dan peradilan nasional
2
2. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam dan hukum).
     
2.2.1        Menunjukkan perilaku jujur dilingkungan sekolahsebagai perwujudan  sadar hukum
2.2.2    Menunjukkan perilaku tanggungjawab di lingkungan sekolahsebagai perwujudan warga Negara yang sadar akan hukum
2.2.3    Menunjukkan perilaku disiplin di lingkungan sekolahsebagai perwujudan kepatuhan terhadap hukum yang
3
3.2   Menganalisis pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamana

1.      Menganalisis wilayah NKRI menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.      Menganalis kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.      Menganalisis kemerdekaan beragama  menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.      Menganalisis pertahanan dan keamanan  menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.
4.2 Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan.
1.      Menyaji hasil analisis wilayah NKRI menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
2.      Menyaji hasil analisis kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.      Menyaji hasil analisis kemerdekaan beragama  menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.      Mempresentasikan hasil analisis pertahanan dan keamanan  menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945


C.     Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.       Menjelaskan  pemetaan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Menurut UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945.
b.      Mengidentifikasi batas- batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c.       Menjelaskan  kekuasaan negara atas kekayaan alam yang terkandung dalam  wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
d.      Menaya hal-hal yang berkaitan dengan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
e.       Melakukan analisis tentang  wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
f.       Mengkomunikasikan hasil analisis tentang wilayah Negara Kesatuan Republik Iindonesia  dalam bentuk lisan maupun tulisan.
g.       Menunjukkan sikap jujur, kerja sama dan tanggung jawab

Pertemuan 2
Melalui kegiatan  mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.       Menguraikan pengertian   Warga Negara Indonesia.
b.      Menjelaskan Asas  Kewarganegaraan Indonesia berdasarkan UU No. 12 Tahun 2006
c.       Menguraikan  syarat-syarat menjadi Warga Negara Indonesia.
d.      Menjelaskan penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia.
e.       Mengidentifikasi berbagai hal yang terkait dengan kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
f.       Menyaji hasil diskusi tentang kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
g.       Menunjukkan  santun, responsif dan tanggung jawab

Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.       Memahami makna kemerdekaan beragama dan kepercayaan
b.      Menjelaskan komponen-komponen kemerdekaan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME sesuia dengan  UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak asasi manusia dan UU No. 12 tahun 2005 tentang pengesahan Konvenan internasional tentang hak sipil dan politik.
c.       Menjelaskan perilaku di lingkungan sekitar yang mencerminkan perwujudan membangun kerukunan umat beragama.
d.      Menyaji hasil identifikasi komponen-komponen kemerdekaan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME sesuia dengan  UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak asasi manusia dan UU No. 12 tahun 2005 tentang pengesahan Konvenan internasional tentang hak sipil dan politik.
e.       Menyaji hasil identifikasi  perilaku di lingkungan sekitar yang mencerminkan perwujudan membangun kerukunan umat beragama.
f.       Menunjukan sikap toleran, disiplin, peduli dan pro aktif
Pertemuan 4
Melalui kegiatan mengamati, menanya, Mengumpulkan Informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.       Menjelaskan isi  yang terkandung dalam pasal 30   UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
b.      Menjelaskan makna sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata)
c.       Memahami substansi pertahanan dan keamanan negara.
d.      Memaknai kesadaran bela negara dalam konteks sistem pertahanan keamanan negara.
e.       Menyaji hasil terkait identifikasi tugas dan fungsi TNI dan POLRI dalam sistem pertahanan keamanan negara RI.
f.       Menunjukan sikap santun, disiplin, peduli dan tanggung jawab


D.     Materi Pembelajaran

Fakta
1.      Wilayah Indonesia Indonesia sangat luas meliputi darat, laut dan udara memiliki
         kekayaan alam yang luar biasa.
2.      Warga negara dan penduduk Indonesia beragam terdiri atas berbagai suku bangsa
3.      Warga negara dan penduduk Indonesia menganut agama yang berbeda-beda
4.      Indonesia menerepakan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta

Konsep
1.      Memetakan wilayah RI
2.      Batas-batas wilayah Negara kesatuan RI
3.      Status Kewarganegaraan Indonesia
4.      Asas-asas kewarganegaraan
5.      Syarat-syarat  menjadi warga Negara Indonesia
6.      Penyebab Hilangnya kewarganegaraan Indonesia
7.      Pengertian kemerdekaan beragama
8.      Membangun kerukunan umat beragama
9.      Substansi  pertahanan keamanan Negara

Prinsip
1.      Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957
2.      Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan
3.      Undang-undang Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan Konvensi Internasional hak sipil dan politik
4.      Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI
5.      Undang-undang RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang POLRI

Prosedur

Tata cara mengajukan naturalisasi menurut UU Nomor 12 tahun 2006

E.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                  : Saintifik
2.       Model Pembelajaran    :  Discovery  learning
3.       Metode                                    : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan

F.       Alat/Media/Bahan
Alat/media                         : LCD Projector, Gambar, peta Indonesia

§  Sumber Belajar            :
1)            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 27 – 58.


2)            Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 74 – 78.
G.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat Tuhan YME karena dilahirkan di wilayah Indonesia yang kaya akan keanekaragaman budaya dan kekayaan alam yang melimpah.
3.    Guru menyampaikan topik tentang  menjelajah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, untuk menghangatkan suasana mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu nasional dari “Sabang sampai Merauke” guru dapat menanyakan makna  yang terkandung dalam lagu tersebut.
4.    Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

10 menit
Inti
1.      Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati dan melihat peta wilayah Indonesia ( gambar 2.2 ) yang terdapat pada Buku teks Pelajaran PPKn Kelas XI.
2.      Menanya
Peserta didik  diminta untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan peta wilayah Indonesia. Guru mengarahkan agar pertanyaan peserta didik sesuai dengan  materi yang akan di bahas.
3.      Mengumpulkan Informasi
Peserta didik diminta untuk mencari informasi lanjutan baik melalui membaca Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI ataupun  sumber lain yang relevan dari internet; web, media sosial lainnya terkait dengan wilayah Negara kesatuan Republik Indonesia  sebagai bahan untuk mengerjakan tugas kelompok 2.1
4.      Mengasosiasi
Ø  Menarik kesimpulan pengaruh deklarasi Djuanda terhadap wilayah  Indonesia.
Ø  Menganalisis makna yang terkandung dalam pasal 33 ayat 2 dan 3 terkait dengan kekayaan alam yang terkandung dalam wilayah Indonesia.
Ø  Peserta didik menganalisis permasalahan-permasalahan kewilayahan yang melibatkan  Indonesia dengan negara lain yang berkaitan dengan masalah perbatasan.
5.      Mengkomunikasikan
Peserta didik  diminta untuk melaporkan  hasil tugas kelompok/individu  secara lisan dan secara tertulis.   

70 menit







Penutup
1.    Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan tugas mandiri 2.1
3.    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini dan guru menanamkan kesadaran berkonstitusi  sebagai refleksi.
4.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar

10 menit

Penilaian Pertemuan 1
1.    Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi, kemampuan menyampaikan pendapat, argumentasi atau menjawab pertanyaan serta aspek kerjasama kelompok.

2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan  Tugas kelompok 2.1  dan Tugas Mandiri 2.1. Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan atau tertulis  yang berkaitan  dengan materi yang baru saja dikaji.
a.  Jelaskan isi dan makna yang terkandung dalam pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945!
b.  Jelaskan batas-batas wilayah Indonesia secara geografis !
c.  Jelaskan isi Deklarasi Djuanda ? apa pengaruh Deklarasi Djuanda terhadap wilayah Indonesia ?
d.  apa yang dimaksud dengan bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besar kemakmuran rakyat?

3.    Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas ( mengkomunikasikan secara lisan ).

Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat Tuhan YME karena dilahirkan sebagai bangsa Indonesia.
3.    Guru menyampaikan topik tentang Kedudukan Warga Negara dan Penduduk Indonesia. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, untuk menghangatkan suasana guru menanyakan kembali materi pelajaran yang lalu sebagai apersepsi.
4.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan.

5 menit
Inti
1.   Mengamati
Peserta didik diminta untuk membaca Buku Teks pelajaran PPKn kelas XI Bab 2, Sub bab B tentang kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia.

2.   Menanya
Peserta didik diberi motivasi untuk mengajukan pertanyaaan lanjutan dari apa yang sudah mereka baca.

3.   Mengumpulkan Informasi
Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok  untuk mengkaji dari berbagai sumber    ( Buku Teks Pelajaran PPKn kelas XI,   buku lain yang relevan atau internet) hal-hal sebagai berikut:
a.  Kelompok 1 dan 2 : Membahas makna yang terkandung dalam pasal 26 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
b.  Kelompok 3 dan 4 : Membahas  asas-asas  Kewarganegaraan Indonesia.
c.  Kelompok 5 dan 6 : Membahas  syarat-syarat menjadi Warga Negara Indonesia.
d.  Kelompok 7 dan 8 : Membahas penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia.

4.   Mengasosiasi
Peserta didik melakukan diskusi untuk menganalisis permasalahan  yang terkait dengan masalah-masalah  kewarganegaraan sesuai dengan pembagian  kelompoknya.

5.    Mengkomunikasikan
Kelompok 1, 3, 5 dan 7 mempresentasikan hasil diskusinya sedangkan kelompok 2, 4, 6 dan 8 memberikan tanggapan dan melengkapi hasil diskusi kelompok  penyaji. Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian guru.

75 menit
Penutup

1.    Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3.    Guru meminta  peserta didik mengerjakan tugas mandiri 2.1 yaitu melakukan wawancara dengan ketua RT atau RW ditempat tinggal masing-masing menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan jumlah penduduk, perbandingan penduduk asli dan pendatang, hak dan kewajiban penduduk, hak dan kewajiban penduduk pendatang serta hubungan antara penduduk asli dengan pendatang.
4.    Guru menanamkan kesadaran berkonstitusi dan menutup kegiatan dengan rasa syukur karena dapat berjalan dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 2

1.    Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi, kemampuan menyampaikan pendapat, argumentasi atau menjawab pertanyaan serta aspek kerjasama kelompok.

2.    Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan  Tugas Mandiri 2.2. Guru juga dapat   mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan/tertulis  terkait dengan materi yang baru saja dikaji misalnya :
a.    Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 26 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 !
b.    Jelaskan asas-asas yang dipakai dalam menentukan kewarganegaraan Indonesia!
c.    Jelaskan syarat-syarat untuk menjadi WNI sesuai dengan UU kewarganegaraan No. 12 tahun 2006?
d.    Jelaskan apa saja yang dapat menyebabkan kehilangan kewarganegaraan Indonesia ?

3.    Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, keampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas ( mengkomunikasikan secara lisan ).

Pertemuan 3

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat Tuhan YME yang telah menjadikan kita  menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Nya.
3.    Guru menyampaikan topik tentang  Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, guru menanyakan tugas pada pertemuan kedua.  Secara acak guru meminta dua orang peserta didik untuk melaporkan hasilnya secara lisan dan setelah itu seluruh peserta didik diminta untuk mengumpulkan tugasnya untuk diberi penilaian.
4.    Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan.

10 menit
Inti
1.      Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 2.8 yang terdapat dalam Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI.

2.      Menanya
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan seputar gambar 2.8, masing-masing peserta didik dengan pertanyaan yang berbeda


3.      Mengumpulkan Informasi
Ø  Peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI, buku-buku lainnya yang relevan, internet; web, media sosial lainnya dalam mengerjakan tugas-tugas dibawah ini;
Ø  Mengidentifikasi komponen-komponen kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang terdapat dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak asasi manusia dan UU No. 12 tahun 2005 tentang pengesahan Konvenan internasional tentang hak sipil dan politik.
Ø  Tugas mengamati gambar 2.8 dan peserta didik diminta untuk menanggapi  suasana yang terjadi pada gambar tersebut, Bagaimana peran tokoh agama dalam menciptakan kerukunan, apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan kerukunan beragama.
Ø  Melakukan identifikasi perilaku di lingkungan sekitar yang mencerminkan perwujudan membangun kerukunan beragama.

4.      Mengasosiasi
Peserta didik melakukan analisis komponen-komponen kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang terdapat dalam UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak asasi manusia dan UU No. 12 tahun 2005 tentang pengesahan Konvenan internasional tentang hak sipil dan politik dan mengkaitkan dengan pasal 29 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

5.    Mengkomunikasikan
Ø  Guru secara acak menunjuk beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tugasnya dan beberapa peserta didik diminta untuk menagggapinya.
Ø  Peserta didik diminta untuk mengumpulkan hasil tugasnya untuk diberikan penilaian.

70 menit
Penutup
1.    Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini
3.    Guru menanamkan kesadaran berkonstitusi  dan menutup kegiatan ketiga dengan ucapan syukur kepada Tuhan YME karena kegiatan pada pertemuan ini berjalan baik dan lancar.

10 menit



Penilaian Pertemuan 3
1.    Penilaian sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam Observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi, kemampuan menyampaikan pendapat, argumentasi atau menjawab pertanyaan serta aspek kerjasama kelompok.
2.    Penilian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan, peserta didik diminta untuk mengerjakan  Tugas Mandiri 2.3 dan  Tugas Kelompok 2.2.
3.    Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, keampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas ( mengkomunikasikan secara lisan ).

Pertemuan 4

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru memberikan motivasi dan bersyukur atas nikmat Tuhan YME karena kondisi negara kita dalam keadaan aman dan tenteram.
3.    Guru menyampaikan topik tentang “Memahami Pertahanan dan keamanan Negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945” Namun sebelum mengkaji lebih lanjut tentang topik itu, guru menanyakan kembali materi pelajaran yang lalu sebagai apersepsi.
4.    Guru menegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta kegiatan yang akan dilaksanakan.

5 menit
Inti
1.    Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 2.9 dan gambar 2.10 yang terdapat pada Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI.

2.    Menanya
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut. Masing-masing peserta didik mengajukan pertanyaan yang berbeda.

3.    Mengumpulkan Informasi
Peserta didik diminta membaca Buku Tekas Pelajaran PPKn kelas XI, Jika dimungkinkan dalam proses mengumpulkan informasi, peserta didik dianjurkan untuk menggunakan sumber dari internet; web, media sosial lainnya untuk menganalisis sistem pertahanan dan keamanan negara Republik Indonesia,  memaknai kesadaran bela negara dalam konteks sistem pertahanan dan keamanan negara.

4.    Mengasosiasi
Peserta didik  mengerjakan tugas  kelompok 2.3 untuk mengidentifikasi dan menganalisis tugas dan fungsi pokok TNI dan POLRI dikaitkan  dengan ketentuan yang terdapat dalam  pasal 30 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

5.    Mengkomunikasikan
Ø  Guru secara acak meminta beberapa peserta didik untuk membacakan hasil tugas kelompoknya, peserta didik yang lainnya diminta untuk menanggapi.
Ø  Peserta didik mengumpulkan hasil tugas kelompoknya kepada guru untuk mendapatkan penilaian.

75 menit
Penutup
1.    Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.    Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan keempat.
3.    Guru menanyakan kepada beberapa peserta didik terkait denga kesadaran bela negara yaitu apa yang telah dilakukan sebagai wujud bela negara dan dilanjutkan menanamkan kesadaran berkonstitusi.
10 menit

Penilaian Pertemuan 4
1.    Penilaian sikap
Penilaian sikap dilakukan dengan Penilaian diri dengan memberikan tanda ceklis(√) pada kolom yang tersedia.
2.    Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dengan menjawab Uji kompetensi Bab 2.
3.    Penilaian keterampilan
Penilaian Ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil praktek belajar kewarganegaraan pada bab ini. Adapun praktek belajar kewarganegaraan pada bab 2 ini adalah mendorong siswa untuk menulis artikel sederhana yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan berikut ini:
a.    Pemanfaatan potensi kekayaan alam wilayah Indonesia.
b.    Peran warga Negara Indonesia dalam proses pembangunan.

v  Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.
Mengetahui                                                           Palabuhanratu,    Juli 2016
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran      



Drs. Mafahir                                                                    Endang Subenowati, S.Pd
 
 



LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan  pembelajaran. Pada kolom sikap spiritual dan sosial, tuliskan skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata skor tersebut tersebut ke dalam nilai kualitatif berikut ini

Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Nama Sekolah                   : ………………………………………………..
Kelas                                 : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar             : ………………………………………………..
Materi Pokok                       : ……………………………………………….. 
Periode Penilaian               : ……………………….s.d ……………….....

No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Total Skor
Rata-Rata
Nilai Kualitatif
Deskripsi
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tangg. jawab
4. Toleran
5. Gtng Royong
6. Kerjasama
7. Santun
8. Damai
9. Responsif
10.Proaktif
Taatmenjalankan agama
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















dst

















RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek          : Jujur
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

2. Aspek          : Disiplin
No.
Indikator Disiplin
Penilaian Disiplin
1.
sama sekali tidak bersikap disiplin selama proses pembelajaran.
Kurang (1)
2.
menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Cukup  (2)
3.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Baik (3)
4.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Sangat baik (4)

3. Aspek          : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

4. Aspek          : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

5. Aspek          : Gotong Royong
No.
Indikator Gotong Royong
Penilaian Gotong Royong
1.
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Bersama-sama dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Membagi pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

6. Aspek          : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

7. Aspek          : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

8. Aspek          : Damai
No.
Indikator Damai
Penilaian Damai
1.
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

9. Aspek          : Responsif
No.
Indikator Responsif
Penilaian Responsif
1.
Acuh (tidak merespon)
1 (Kurang)
2.
Ragu-ragu/bimbang dalam merespon
2 (Cukup)
3.
Lamban memberikan respon/tanggapan
3 (Baik)
4.
Cepat merespon/menanggapi
4 (Sangat Baik)

10. Aspek        : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

11. Aspek        : Taat Menjalankan Agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator





Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”

Nama Siswa                 : ....................................................................
Kelas/Semester            : X ….. / I
Materi/Bab                   : ....................................................................

Indikator :
1.        Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.        Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.        bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.        menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.        menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.        Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jika :

·         A = Selalu

·         B = Sering

·         C = Jarang

·         D = Tidak pernah
1
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian
2
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti
3
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi

6
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan  =

Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)

Satuan Pendidikan          : .................................
Kelas                              : .................................
Materi                             : .................................
Teman yang Dinilai        : .................................
Penilai                             : .................................

Indikator:                          
1.      Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas
2.      Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3.      Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.      Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian




Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman kamu.

Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  tidak bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  tidak meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
• Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
• Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
• Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
• Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

     Nilai = 
 












































Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI 
KEGIATAN DISKUSI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai





























Keterangan:
1.      Sikap            : kesopanan,    kerjasama,       semangat,         toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2.      Pendapat       : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3.      Bahasa          : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar

Peserta didik memperoleh nilai :
Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Lampiran 5

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran       : ...............................................
Materi                    : ...............................................
Kelompok              : ...............................................

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jmlh Skor
Nilai
Kreatifi
tas
Kebenaran substansi
Penyajian materi
Visual/
grafis
1







2







3







4







...








Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang
Keterangan:

NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreativitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
3
Penyajian Materi
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas  ( sistimatis ) Bervariasi
4
Grafis
§ Tampilan layar ( warna, tataletak (layout))
§ Ilustrasi






Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas         :............................
Kelompok  :............................
Topik        :............................

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian

Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai
1






2






3






4






5






dst







Keterangan:
1.   Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.   Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.   Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
           
Petunjuk:
Lembaran  ini  diisi  oleh  guru  untuk  menilai  dokumen  laporan  hasil  Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi 11. Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama                    : ...........................
Kelompok             : ............................
Topik                     : ............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
A
Menjelaskan Masalah



1. Kelengkapan



2. Kejelasan



3. Sumber



4. Data Pendukung



5. Grafis/Ilustrasi/Tabel



6. Dokumentasi


B
Keaslian/bukan Flagiat


C
Sistematis dalam Laporan


D
Penulisan Bahasa


E
Tandan Tangan Orang Tua


Jumlah


Nilai



Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku siswa dalam presentasi laporan Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus = (Jumlah Nilai X 4)/10 . Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Kelas                     :............................
Kelompok             :............................
Topik                     :............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1
Signifikansi (kebermaknaan informasi)


2
Pemahaman terhadap materi


3
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)


4
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)


5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)


Jumlah Nilai


Nilai Akhir


Lampiran 9
FORMAT  PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi yang dinilai tergantung pada penilaian yang dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf  pada kolom yang tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.
Nama Siswa          : .........................................................................
Kelas                     : ............................
Materi/Bab            : .........................................................................


Tugas/Diskusi

Penilaian
Nilai Kualitatif
Skor Angka
1. Tugas Mandiri


2. Tugas Kelompok


3. Uji Kompetensi


4. Penilaian Afektif/(Spiritual
    dan Sosial)


5. Praktek Kewarganegaraan


Catatan perilaku Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir



Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:


 




























Lampiran 10.

KONVERSI KONPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP

Predikat
Rentang Nilai
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
99 – 100
4
4
SB
A-
91 – 95
3,66
3,66
B+
85 – 90
3,33
3,33

B
B
80 – 84
3
3
B-
75 – 79
2,66
2,66
C+
70 – 74
2,33
2,33

C
C
65 – 69
2
2
C-
60 – 64
1,66
1,66
D+
55 – 59
1,33
1,33
K
D
≥ 55
1
1

v  Kriteria Ketuntasan
Ø  Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø  Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B






Tidak ada komentar:

Posting Komentar