Jumat, 10 Februari 2017

RPP PKN kelas XI K13 bab 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

          Sekolah                 : SMK Al-Fajar Palabuhanratu
          Kelas/Semester     : XI/1
          Mata Pelajaran      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
          Materi Pokok           : Kasus-kasus Pelanggaran HAM
          Alokasi Waktu       : 6 x 45  menit (3 X Pertemuan )

A.   Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.3.Menghayati  persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

1.1.1  Menunjukkan perilaku beriman dan bertakwa sebagai wujud pengamalan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1.1.2 Menunjukkan rasa syukur karena Indonesia  memiliki sistem hukum dan peradilan nasional
2
2.3Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam dan hukum).

2.2.1    Menunjukkan perilaku jujur dilingkungan sekolahsebagai perwujudan  sadar hukum
2.2.2    Menunjukkan perilaku tanggungjawab di lingkungan sekolahsebagai perwujudan warga Negara yang sadar akan hukum
2.2.3    Menunjukkan perilaku disiplin di lingkungan sekolahsebagai perwujudan kepatuhan terhadap hukum yang
3
3.1  Menganalisis kasus pelanggaran  hak asasi manusia (HAM ) dalam rangka pelindungan, pemajuan, dan pemenuhan HAM.

3.1.1.  Memahami kasus pelanggaran hak asasi manusia.
3.1.2    Menganalisis kasus pelanggaran hak asasi manusia.
3.1.3    Menganalisis upaya penegakkan hak asasi manusia.

4.
4.1 Menyaji hasil análisis tentang kasus pelanggaran HAM dalam  pelindungan, pemajuan, dan  pemenuhan HAM .

4.1.1    Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak asasi manusia.
4.1.2    Mengkomunikasikan hasil analisis upaya penegakkan hak asasi manusia.




C.   Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.  Memberi contoh kasus- kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia di   Indonesia.
b.  Menganalisis berbagai kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia.
c.  Menganalisis upaya penyelesaian kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia.
d.  Menyaji hasil analisis berbagai kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia.
e.  Menyaji hasil analisis upaya penyelesaian kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia.
f. Menunjukkan sikap jujur, kerja sama dan tanggung jawab

 Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.    Menganalisis penyebab timbulnya pelanggaran hak asasi manusia.
b.    Menganalisis contoh kasus  pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia.
c.    Menyaji hasil analisis penyebab timbulnya pelanggaran hak asasi manusia.
d.    Menyaji hasil contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia.
e.    Menunjukkan sikap toleran, santun, responsif dan tanggung jawab

Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik dapat:
a.  Memahami upaya pemerintah dalam penegakan  Hak asasi manusia.
b.  Memahami upaya penanganan kasus pelanggaran Hak asasi manusia.
c.   Mengidentifikasi tugas dan fungsi lembaga perlindungan dan penegakan hak asasi manusia.
d.  Mengidentifikasi  perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di
    Indonesia.
e.   Menyaji hasil identifikasi tugas dan fungsi lemebaga perlindungan dan penegakan hak asasi Manusia.
f.   Menyaji hasil identifikasi   perilaku yang mendukung upaya penegakaan HAM di Indonesia.
g.  Menunjukan sikap jujur, disiplin, peduli dan pro aktif


D.   Materi Pembelajaran

Fakta
 Kasus –kasus pelanggaran HAM seperti kekerasan terhadap TKW, perampokan dan pembunuhan.

Konsep
1.     Pengertian Pelanggaran HAM
2.     Bentuk-bentuk pelangraran HAM
3.     Penyebab pelanggaran HAM
4.     Kasus Pelanggarahn HAM di Indonesia
5.     Upaya pemerintah dalam penegakan HAM
6.     Upaya  Penangan Kasus pelanggarah HAM

Prinsip
 Instrumen HAM di Indonesia
 Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM
 Undang-Undang No. 26 Tahun 2000 tentang Peradilan HAM

Prosedur
 Proses Peradilan HAM di Indonesia

F.       Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan                     : Saintifik
2.       Model Pembelajaran        : Discoiry learning
3.       Metode                            : Ceramah, diskusi kelompok,tanya jawab, dan penugasan
G.      Alat/Media/Bahan
Alat/media                           : LCD Projector, Gambar
                                 
§  Sumber Belajar     :
1)        Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman: 1- 26
2)        Contoh pelanggaran HAM di Indonesia. http://www.drogpatravel.biz/2013/05/contoh-pelanggaran-ham-di-indonesia.html (diunduh tanggal 27 Februari 2014)



                  
H.      Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.    Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.    Guru memberikan motivasi dan sikap spiritual yaitu bersyukur karena bisa naik kelas dan melanjutkan belajar di kelas XI.
3.    Guru menyampaikan  topik yanga akan dipelajari dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
4.    Setelah itu guru menggunakan Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI untuk kegiatan Pertemuan pertama dalam materi Bab 1 Sub bab A tentang Kasus pelanggaran hak asasi manusia.

15 menit
Inti
1.      Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar 1.1 kegiatan pembelajaran di sekolah atau boleh juga guru menanyangkan gambar-gambar atau bercerita tentang jenis hak asasi manusia lainnya yang harus dihormati dan dijamin pemenuhannya baik oleh Negara atau setiap warga Negara.
2.      Menanya
Ø  Peserta didik  diminta  untuk  mengajukan pertanyaan  terkait dengan gambar yang telah ditanyangkan secara bergantian dengan pertanyaan yang berbeda.
Ø  Guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peserta didik atau bisa juga peserta didik di minta untuk menjawab pertanyaan dari temannya sehingga terjadi komunikasi yang lebih aktif antara guru dan  peserta didik.
3.      Mengumpulkan Informasi
Peserta didik  Mengumpulkan Informasi tentang kasus pelanggaran hak asasi manusia dilihat dari bentuk-bentuknya dengan  menggunakan berbagai  sumber dari buku,  atau internet; web, media sosial lainnya.
4.      Mengasosiasi
Peserta didik dengan bimbingan guru mengerjakan tugas mandiri 1.1 yaitu mengkaji dan menyimpulkan jenis-jenis hak  asasi manusia  yang terdapat dalam  pasal 28 A – 28 J UUD  Negara Republik Indonesia  Tahun 1945  agar peserta didik menjauhkan diri dari perilaku yang menimbulkan pelanggaran HAM.

5.      Mengkomunikasikan
Ø  Peserta didik secara bergantian melaporkan hasil        kajiannya  dan peserta didik lainnya  menanggapi hasil   pekerjaan temannya.
Ø  Peserta didik  menyerahkan hasil kajiannya  secara tertulis.
Ø  Guru memberikan klarifikasi  dan penguatan hasil pekerjaan peserta didik.


60 menit







Penutup
1.      Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini sebagai refleksi.
3.      Peserta didik diminta untuk mengerjakan  Tugas kelompok 1. 1 untuk melakukan wawancara dengan Petugas Kepolisian  berkaitan dengan bentuk pelanggaran HAM yang pernah terjadi dan ditangani oleh Kepolisian setempat.
4.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar

15 menit


Penilaian Pertemuan 1
Penilaian terhadap peserta didik dilakukan dengan penilaian autentik    yaitu:
a.  Penilaian sikap
Penilaian sikap spiritual dan sosial dilakukan melalui pengamatan (observasi) selama proses pembelajaran berlangsung ( Format penilaian lihat model penilaian pembelajaran PPKn di bagian satu Buku Guru)

b.  Penilai pengetahuan
     Guru  mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan yang terkait dengan materi yang baru saja  dikaji
1.    Berilah salah satu contoh bentuk pelanggaran HAM di Indonesia !
2.    Apakah penyebab timbulnya pelanggaran HAM ?
3.    Mengapa terjadi pelanggaran HAM tersebut?
4.    Faktor-faktor apa yang dapat menyebabkan pelanggaran HAM ?

          c. Ketrampilan
              Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat  
              kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan
              bertanya, menjawab pertanyaan atau mempertahankan
              argumentasi, kemampuan dalam memberikan
              saran/masukan terkait dengan materi yang sedang dibahas
              ( mengkomunikasikan secara lisan).





Pertemuan 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas,  presensi (kehadiran siswa,  agenda kegiatan, kebersihan kelas,  menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Guru memberikan motivasi dan menanyakan materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya. Salah satu kelompok diminta untuk mempresentaasikan hasil wawancara dengan kepolisian berkaitan dengan bentuk pelanggaran HAM yang pernah terjadi dan ditangani oleh anggota kepolisian tersebut, kemudian masing-masing kelompok diminta untuk mengumpulkan hasil tugasnya untuk diberikan penilaian.
3.      Guru memberikan klarifikasi secara umum penyajian hasil wawancara kelompok dan mengaitkan  dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan kedua.
4.      Guru menyampaikan topik yang akan dipelajari yaitu tentang “Contoh kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia”  dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

10 menit
Inti

1.    Mengamati
Peserta didik diminta untuk membaca buku teks Pelajaran PPKn Bab 1 Sub bab B materi Penyebab timbulnya Hak asasi manusia.

2.    Menanya
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan berkaitan dengan materi yang telah dibacanya, masing-masing dengan pertanyaan yang berbeda.

3.    Mengumpulkan Informasi
Peserta didik  Mengumpulkan Informasi tentang  contoh-contoh  kasus pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia dan faktor-faktor penyebab terjadinya, dengan menggunakan berbagai sumber dari buku, media masa atau internet; web, media sosial lainnya.

4.    Mengasosiasi
Ø  Peserta didik mengerjakan tugas mandiri 1.2  yaitu melakukan identifikasi dan menyimpulkan  faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM.
Ø  Peserta didik mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.

5.    Mengkomunikasikan
Ø    Peserta didik diminta untuk  mempresentasikan hasil  pekerjaanya. Dan peserta didik lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya.
Ø     Peserta didik melaporkan hasil tugasnya secara tertulis untuk diberi penilaia oleh  guru.

70 menit
Penutup
1.        Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.        Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas pada pertemuan ini sebagai refleksi
3.        Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas kelompok 1.2 yaitu mengidentifikasi dan menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat melalui pemberitaan di media cetak atau elektronik, serta mengidentifikasi kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Tugas tersebut dikerjakan di rumah.
10 menit

Penilaian Pertemuan 2
1.    Penilaian Sikap
Penilaian terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat mengerjakan tugas analisis kasus pelanggaran HAM. 

2.    Penilaian Pengetahuan
Sebagai uji kompetensi atau pengetahuan, guru dapat  mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan yang terkait dengan materi yang baru saja dikaji.
a.     Berilah salah satu contoh bentuk pelanggaran HAM di Indonesia ?
b.     Apakah penyebab timbulnya pelanggaran HAM di Indonesia?
c.      Mengapa terjadi pelanggaran HAM tersebut?
d.     Faktor-faktor apa yang dapat menyebabkan pelanggaran HAM?

3.    Penilaian Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas ( mengkomunikasikan secara lisan ).





Pertemuan 3
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (kehadiran, agenda kegiatan, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan).
2.      Peserta didik diminta untuk mengumpulkan tugas kelompok 1.2 dan meminta salah satu kelompok untuk membacakan hasil tugas kelompoknya.
3.      Guru memberikan ulasan singkat hasil tugas kelompok  yang telah dikerjakan dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari pada pertemuan  ketiga.
4.      Guru  menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
10 menit
Inti

1.    Mengamati
Peserta didik membaca buku teks Pelajaran PPKn   kelas XI Bab 1 Sub bab C. Upaya penegakan Hak asasi manusia.
2.    Menanya
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah dibaca, masing-masing peserta didik dengan pertanyaan yang berbeda.
3.    Mengumpulkan Informasi
a.  Peserta didik  mengumpulkan informasi tentang  upaya penegakan hak asasi manusia dan upaya penanganan kasus pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah dengan menggunakan berbagai sumber yaitu dari Buku Teks Pelajaran PPKn Kelas XI atau buku lain yang relevan,  internet; web, media sosial lainnya.
b.  Peserta didik  mengumpulkan informasi tentang  identifikasi contoh perilaku yang mendukung upaya penegakan HAM dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat bangsa dan negara dengan  menggunakan sumber dari buku,  atau internet; web, media sosial lainnya.
4.    Mengasosiasi
a.  Peserta didik di minta untuk menganalisis upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam penegakan dan penanganan kasus-kasus  pelanggaran hak asasi manusia  di Indonesia.
b.  Peserta didik menganalisis contoh perilaku yang mendukung upaya penegakan HAM dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat bangsa dan negara.
5.    Mengkomunikasikan
a.  Peserta didik diminta untuk menyajikan hasil analisisnya  didepan kelas, sedang peserta didik yang lain diminta untuk memberi tanggapan.
b.  Setelah selesai penyajian, hasil tugas individu dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari guru.

70 menit
Penutup
1.    Peserta didik dapat  ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tersebut.
2.    Peserta didik  dengan bimbingan guru melakukan refleksi dengan menjawab beberapa pertanyaan sebagai  renungan. 
3.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar.

10 menit

Penilaian Pertemuan 3
1.     Penilaian Sikap
Pada pertemuan kali  ini, guru sudah dapat merekapitulasi penilaian sikap spiritual dan sosial setiap peserta didik untuk kompetensi dasar yang pertama. Sikap spritual dan sosial yang diukur dan dinilai meliputi kerjasama, tanggung jawab, toleran, kreatifitas, kejujuran, kecermatan, santun, responsip, proaktif dan taat menjalankan agama. Rekapitulasi nilai ini dapat dilakukan guru dengan bersumber dari hasil pengamatan guru yang dituangkan dalam jurnal harian guru maupun dari kegiatan-kegiatan lainnya. Adapun format rekapitulasinya dapat dilihat di bagian satu  buku ini.
2.     Penilaian Pengetahuan
Sebagai uji kompetensi  (pengetahuan),  guru dapat melihat kemampuan peserta didik dapat menjawab/pertanyaan yang terdapat dalam  uji kompetensi    Bab 1.
3.     Penilaian Keterampilan
Penilaian Ketrampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil parktek belajar kewarganegaraan pada bab ini. Adapun praktek belajar kewarganegaraan pada Bab 1 adalah mendorong siswa untuk melakukan penelitian  sederhana mengenai penyelesaian kasus pelanggaran HAM di lingkungan sekitar tempat tinggal.

v  Instrumen penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan terlampir.

Mengetahui                                                           Palabuhanratu,    Juli 2016
Kepala Sekolah                                                      Guru Mata Pelajaran      



Drs. Mafahir                                                                    Endang Subenowati, S.Pd
                                     

Catatan Kepala Sekolah
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1
FORMAT PENILAIAN OBSERVASI
SIKAP SPRITUAL DAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat dan setelah pelaksanaan  pembelajaran. Pada kolom sikap spiritual dan sosial, tuliskan skor angka 1-4. Kemudian, tuliskan jumlah dan rata-rata skor pada kolom yang tersedia. Konversikan rata-rata skor tersebut tersebut ke dalam nilai kualitatif berikut ini

Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)

Nama Sekolah            : ………………………………………………..
Kelas                         : ………………………………………………..
Kompetensi Dasar      : ………………………………………………..
Materi Pokok                : ……………………………………………….. 
Periode Penilaian       : ……………………….s.d ……………….....

No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Total Skor
Rata-Rata
Nilai Kualitatif
Deskripsi
1. Jujur
2. Disiplin
3. Tangg. jawab
4. Toleran
5. Gtng Royong
6. Kerjasama
7. Santun
8. Damai
9. Responsif
10.Proaktif
Taatmenjalankan agama
1.
















2.
















3.
















4.
















5.
















6.
















dst




















RUBRIK PENSKORAN
1. Aspek       : Jujur
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
Skor 3 jika 5 indikator muncul
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
Skor 4 jika 6 indikator muncul
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya

6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki


2. Aspek       : Disiplin
No.
Indikator Disiplin
Penilaian Disiplin
1.
sama sekali tidak bersikap disiplin selama proses pembelajaran.
Kurang (1)
2.
menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Cukup  (2)
3.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
Baik (3)
4.
menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap disiplin selama proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Sangat baik (4)


3. Aspek       : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik


4. Aspek       : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3 indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

5. Aspek       : Gotong Royong
No.
Indikator Gotong Royong
Penilaian Gotong Royong
1.
Saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Bersama-sama dalam mengerjakan tugas kelompok
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengajak teman untuk membantu teman lain yang mengalami kesulitan
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Membagi pekerjaan/tugas berdasarkan job description yang telah disepakati
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

6. Aspek       : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

7. Aspek       : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

8. Aspek       : Damai
No.
Indikator Damai
Penilaian Damai
1.
Menghargai teman dalam setiap menjalankan aktivita
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Kebersamaan menjadi bahagian dalam pergaulan
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4.
Mengindari konflik atau petentangan dalam perggaulan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

9. Aspek       : Responsif
No.
Indikator Responsif
Penilaian Responsif
1.
Acuh (tidak merespon)
1 (Kurang)
2.
Ragu-ragu/bimbang dalam merespon
2 (Cukup)
3.
Lamban memberikan respon/tanggapan
3 (Baik)
4.
Cepat merespon/menanggapi
4 (Sangat Baik)

10. Aspek     : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

11. Aspek     : Taat Menjalankan Agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator










                                                  























Lampiran 2.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
“PENILAIAN DIRI”

Nama Siswa          : ....................................................................
Kelas/Semester     : XI / I
Materi/Bab           : ....................................................................

Indikator :
1.     Memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan menjelang ulangan harian
2.     Penguasaan Materi yang akan diujikan
3.     bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4.     menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.     menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.     Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf (A/B/C/D) sesuai dengan pendapatmu !, jika :

·         A = Selalu

·         B = Sering

·         C = Jarang

·         D = Tidak pernah
1
Saya memiliki motivasi selama proses pembelajaran dan kesiapan menjelang Ulangan Harian
2
Saya menguasai materi /Bab/Sub Bab yang akan diujikan dalam ulangan harian nanti
3
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
4
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A = Selalu            Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering            Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan  =


Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK (TEMAN)

Satuan Pendidikan   : .................................
Kelas                       : .................................
Materi                     : .................................
Teman yang Dinilai  : .................................
Penilai                     : .................................
Indikator:                  
1.    Siswa tidak meniru (menyontek) hasil kerja teman ketika mengerjakan tugas
2.    Siswa tangguh dalam menyelesaikan masalah
3.    Siswa menunjukkan sikap kritis dalam diskusi kelompok
4.    Siswa menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
Instrumen Penilaian

Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda chek (√) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman kamu.

Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  tidak bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  tidak meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat ulangan    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
• Tidak Pernah (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
• Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
• Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
• Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)

     Nilai = 
 



























Lampiran 4
FORMAT LEMBAR OBSERVASI 
KEGIATAN DISKUSI

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru pada saat Diskusi Kelompoki. Lembar ini mencatat keefektifan peserta diskusi dalam 3 (tiga) kode nilai akhir, yaitu: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian
Sikap
Pendapat
Bahasa
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai





























Keterangan:
1.    Sikap        : kesopanan,          kerjasama,  semangat,    toleransi meluruskan penyimpangan, dan menunjukkan sikap terpuji.
2.    Pendapat   : rasional, teliti, jelas, relevan, sistematis dan keaktifan pendapat
3.    Bahasa      : jelas, teliti, tepat, menarik dan wajar

Peserta didik memperoleh nilai :
Interval
Nilai Kualitatif
3,66 – 4,00
SB (Sangat Baik)
2,66 – 3,33
B (Baik)
1,66 – 2,33
C (Cukup)
< 1,33
K (Kurang)




Lampiran 5

LEMBAR KINERJA PRESENTASI

Mata Pelajaran : ...............................................
Materi              : ...............................................
Kelompok          : ...............................................

No
Nama Siswa
Kinerja Presentasi
Jmlh Skor
Nilai
Kreatifi
tas
Kebenaran substansi
Penyajian materi
Visual/
grafis
1







2







3







4







...








Keterangan pengisian skor
4.  Sangat tinggi
3.  Tinggi
2.  Cukup tinggi
1.  Kurang

Keterangan:

NO
INDIKATOR
URAIAN
1
Kreativitas
Baru, unik, tidak asal berbeda
2
Kebenaran substansi materi
§ Sesuai dengan konsep dan teori yang benar dari sisi keilmuan
§ Tidak ada bagian yang salah/keliru
§ Tidak ada kesalahan penempatan gambar, suara dan teks
3
Penyajian Materi
§ Runut sesuai dengan struktur keilmuan
§ Mengikuti alur logika yang jelas  ( sistimatis ) Bervariasi
4
Grafis
§ Tampilan layar ( warna, tataletak (layout))
§ Ilustrasi











Lampiran 6
FORMAT PENILAIAN PRAKTIK KEWARGANEGRAAN
Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru atau teman selama proses penyusunan laporan oleh kelompok. Lembaran ini mencatat perilaku siswa secara perorangan. Pada akhir penilaian siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Aspek Penilaian yang terdiri dari sikap, pendapat dan bahasa, tuliskan skor angka 1-10. Pada kolom Penilaian, tuliskan Rata-Rata Skor Angka dan konversi Kode Nilainya.

Kelas       :............................
Kelompok  :............................
Topik        :............................

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Penilaian

Partisipasi
Sikap
Kerjasama
Rata-rata Skor Angka
Kode
Nilai
1






2






3






4






5






dst







Keterangan:
1.  Partisipasi: persiapan, keaktifan kerja dan tanggung jawab melaksanakan tugas
2.  Sikap: menghargai pendapat orang lain, toleransi, dan antusiasme dalam mengerjakan tugas bersama anggota tim lainnya
3.  Kerjasama: koordinasi dengan teman, kesediaan untuk menolong orang lain dan tidak hanya terpaku pada tugas yang menjadi tanggung jawabnya

Lampiran 7
LEMBAR PENILAIAN LAPORAN PRAKTIK KEWARGANEGARAAN
         
Petunjuk:
Lembaran  ini  diisi  oleh  guru  untuk  menilai  dokumen  laporan  hasil  Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus Jumlah Nilai dibagi 11. Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.
Nama               : ...........................
Kelompok         : ............................
Topik                : ............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
A
Menjelaskan Masalah



1. Kelengkapan



2. Kejelasan



3. Sumber



4. Data Pendukung



5. Grafis/Ilustrasi/Tabel



6. Dokumentasi


B
Keaslian/bukan Flagiat


C
Sistematis dalam Laporan


D
Penulisan Bahasa


E
Tandan Tangan Orang Tua


Jumlah


Nilai




Lampiran 8
LEMBAR PENGAMATAN PRESENTASI HASIL
PRAKTIK KEWARGANEGARAAN

Petunjuk
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai perilaku siswa dalam presentasi laporan Praktik Kewarganegaraan. Pada akhirnya, siswa akan mendapatkan salah satu dari 3 (tiga) kode nilai akhir berikut: A (Baik), B (Cukup), dan C (Kurang). Pada kolom Nilai, tuliskan skor angka 2-5 (2=kurang, 3=cukup, 4=baik, dan 5=baik sekali). Kemudian tuliskan jumlah nilai pada kolom yang tersedia. Nilai Akhir didapat dengan rumus = (Jumlah Nilai X 4)/10 . Konversikan Nilai Akhir tersebut ke dalam Kode Nilai A, B atau C.

Kelas               :............................
Kelompok         :............................
Topik                :............................
No
Aspek Penilaian
Nilai
Catatan
1
Signifikansi (kebermaknaan informasi)


2
Pemahaman terhadap materi


3
Kemampuan melakukan argumentasi (alasan usulan, mempertahankan pendapat)


4
Responsif (memberikan respon yang sesuai dengan permasalahan/pertanyaan)


5
Kerjasama Kelompok (berpartisipasi, memiliki tanggung jawab bersama)


Jumlah Nilai


Nilai Akhir




Lampiran 9
FORMAT  PENILAIAN AKHIR
Petunjuk
Format ini merupakan rangkuman penilaian untuk semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh siswa. Jumlah Tugas/Diskusi yang dinilai tergantung pada penilaian yang dilakukan oleh guru. Jadi, pada akhir pembelajaran setiap Bab, siswa akan mendapatkan Nilai Akhir beserta rincian dan catatan guru. Kemudian siswa diminta menunjukkan format ini kepada orang tua untuk diberikan umpan balik dan paraf  pada kolom yang tersedia.
Lembar ini dapat disalin atau diadaptasi oleh guru. Kemudian sekolah sebaiknya menfasilitasi untuk penggandaannya sesuai kebutuhan.


Nama Siswa     : .........................................................................
Kelas               : ............................
Materi/Bab      : .........................................................................


Tugas/Diskusi

Penilaian
Nilai Kualitatif
Skor Angka
1. Tugas Mandiri


2. Tugas Kelompok


3. Uji Kompetensi


4. Penilaian Afektif/(Spiritual
    dan Sosial)


5. Praktek Kewarganegaraan


Catatan perilaku Peserta didik dalam menyelesaikan tugas/diskusi dari awal sampai akhir



Total Skor:
Rata-rata/Nilai Akhir:


 













Lampiran 10.

KONVERSI KOMPETENSI PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP
Predikat
Rentang Nilai
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
99 – 100
4
4
SB
A-
91 – 95
3,66
3,66
B+
85 – 90
3,33
3,33

B
B
80 – 84
3
3
B-
75 – 79
2,66
2,66
C+
70 – 74
2,33
2,33

C
C
66 – 69
2
2
C-
60 – 65
1,66
1,66
D+
55 – 59
1,33
1,33
K
D
≥ 55
1
1

v  Kriteria Ketuntasan
Ø  Ketuntasan minimal untuk seluruh kompetensi dasar pada Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan yaitu 2,66 (B-)
Ø  Pencapaian minimal untuk Kompetensi Sikap adalah B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar