Kamis, 09 Februari 2017

SILABUS PKN KELAS KELAS XII K13



SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas                            : XII (dua belas)
Kompetensi Inti             :

1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.





Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1       Mengamalkan ketaatan terhadap agama dan kepercayaan yang dianut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.2       Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
1.3       Menghayati jiwa toleransi antarumat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.4       Menghargai karakter berakhlak mulia dalam memperkuat komitmen negara kesatuan.





2.1        Mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dan ideologi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.2        Mengamalkan kesadaran berkonstitusi berdasarkan pemahaman latar belakang, proses perumusan dan pengesahan, serta perkembangan aktualisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2.3        Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam  Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.4        Mengamalkan tanggungjawab warga negara untuk mengatasi ancaman terhadap negara
2.5        Mengamalkan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat, dan integrasi nasional dalam konteks NKRI.





3.1       Menganalisis berbagai kasus pelanggaran HAM secara argumentatif dan saling keterhubungan antara  aspek ideal, instrumental dan  praksis sila-sila Pancasila
4.1       Menyaji pembahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentatif dan saling keterhubungan antara  aspek ideal, instrumental dan  praksis sila-sila Pancasila



Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·                         Mengamati
Mengamati, Membaca  dari berbagai sumber tentang kasus-kasus pelanggarana HAM

·                        Menanya
Menanya  tentang contoh- contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi .

·             Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang kasus-kasus pelanggaran HAM dari berbagai media
·             Mengasosiasikan
Menganalisis  kasus-kasus pelanggaran HAM dari berbagai media
Menyaji bahasan kasus pelanggaran HAM secara argumentative sesuai dengan nilai-nilai pancasila
·             Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil pembahasan kasus pelanggaran HAM dalam bentuk  lisan dan  tulisan
1.     Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)

2. Observasi
-   Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia

3.     Portofolio,
-   penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional  (format portofolio terlampir)

4.     Tes
-   digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan Internasional

5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.2    Memahami pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman
4.2    Menyaji pelaksanaan pasal-pasal yang mengatur tentang keuangan, BPK, dan kekuasaan kehakiman


Pasal-pasal yang mengatur tentang :
a.       Keuangan
b.       BPK
c.        Kekuasaan kehakiman
·           Mengamati
Membaca pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman

·            Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan pasal-pasal  keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman dari yang factual sampai yang bersifat hipotesis

·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman

·            Mengasosiasikan
Menyaji  pasal-pasal yang berkaitan dengankeuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
·                        Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian  pasal-pasal yang berkaitan dengan keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman secara lisan dan  tertulis

1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pasal-pasal  dalam UUD NRI tahun 1945 yang mengatur tentang keuangan, BPK dan kekuasaan kehakiman

5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.3    Menganalisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
4.3    Menyaji hasil analisis dinamika pengelolaan kekuasaan negara di pusat dan daerah berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945  dalam mewujudkan tujuan negara

Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat  dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara

·                        Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945

·                        Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 yang factual sampai yang bersifat hipotesis

·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
·            Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945
·                        Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian dinamika pengelolaan kekuasaan Negara di pusat dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945  secara tertulis
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat  dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan Negara
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat  dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat  dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Dinamika Pengelolaan kekuasaan Negara di pusat  dan daerah berdasarkan UUD NRI tahun 1945 dalam mewujudkan tujuan negara
5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.4    Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga Negara
4.4 Menyaji analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban  di Indonesia dan beberapa Negara lain
·                        Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain

·                        Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara dari factual sampai yang bersifat hipotesis

·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dengan tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain
·            Mengasosiasikan
Menyimpulkan  hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
·            Mengkomunikasikan
Mempresentasikan  hasil kajian kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban   secara lisan dan tertulis

1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di Indonesia dan beberapa Negara lain
5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.5    Mengevaluasi peran Indonesia dalam hubungan Internasional
4.5    Menyaji hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional.

Peran Indonesia dalam hubungan internasional
·            Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber/media masa,  peran Indonesia dalam hubungan internasional

·            Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan peran Indonesia dalam hubungan internasional secar factual sampai yang bersifat hipotesis


·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
·            Mengasosiasikan
Mengambil kesimpulan  hasil evaluasi dari berbagai media massa tentang peran Indonesia dalam hubungan internasional
·            Mengkomunikasikan
 Menyampaikan hasil evaluasi dari berbagai media massa peran Indonesia dalam hubungan internasional secara lisan tertulis
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Peran Indonesia dalam hubungan internasional
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan Peran Indonesia dalam hubungan internasional



3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Peran Indonesia dalam hubungan internasional (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Peran Indonesia dalam hubungan internasional

5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.6    Menganalisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6    Menyaji hasil analisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan  ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan bangsa.
4.8.1 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
Strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dengan bingkai Bhinneka Tunggal Ika
·            Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan 

·            Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara  mulai dari factual sampai yang bersifat hipotesis

·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara
·            Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman dengan fakta-fakta yang ada dilapangan
·            Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil secara lisan dan tertulis hasil analisis strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan 
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan 

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang strategi yang diterapkan negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap Negara dalam memperkokoh persatuan 

5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.7    Menganalisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.7    Menyaji hasil analisis dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
4.8.2  Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

·         Dinamika penyelenggaraan Negara dalam Konsep NKRI
·         Dinamika penyelenggaraan Negara dalam konsep Negara federal
·            Mengamati
Membaca  dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal.

·                        Menanya
Mengajukan pertanyaan yang  berkaitan dengan  dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal mulai dari factual sampai yang bersifat hipotesis

·            Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Mencari dari berbagai sumber (media cetak dan elektronik) tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
·            Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
·            Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil analisis  dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal secara lisan dan tertulis
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengumpulan data
-   Membuat laporan hasil pengumpulan data
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
   (format presentasi terlampir)


2.     Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika penyelenggaraan negara dalam konsep NKRI dan konsep negara federal

5 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik















Mengetahui                                                                                                                                                       Palabuhanratu,    Juli 2016
Kepala  Sekolah                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran


Drs. Mafahir                                                                                                                                                       Endang Subenowati, S.Pd




Contoh
PENILAIAN PRESENTASI
(hasil pengumpulan data/laporan penelitian/dll)

Tanggal /bulan/tahun                                      :    ...............................................................................................
Nama/kelompok                                                :    ...............................................................................................
Kelas/Smt                                                            :    ...............................................................................................
Mata Pelajaran                                                   :    ...............................................................................................
Judul Presentasi                                               :    ………………………………………………………………………
                     No
Aspek Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
1
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN GAGASAN
a.     Ide pokok laporan
b.     Keruntutan berpikir dari latar belakang, masalah, tujuan, hasil, dan kesimpulan.
c.      Penggunaan Bahasa Indonesia.
15%


2
KEMAMPUAN MENJELASKAN ISI PRESENTASI
a.     Kelancaran penyampaian gagasan
b.     Kejelasan metode dan prosedur kerja
15%


3
KEMAMPUAN MENUNJUKKAN ORISINALITAS
a.     Bukti empirik atas argumen
b.     Konsistensi argumentasi
15%


4
KEMAMPUAN MENJELASKAN INOVASI DAN MANFAAT
a.      Sifat kebaruan hasil karya
b.      Kesesuaian antara materi penulisan dengan penugasan dari guru
15%


5
KEMAMPUAN MEMPERTAHANKAN KONSEP DALAM MENJAWAB PERTANYAAN
20%



a.      Kemampuan berargumentasi, ketangguhan dan konsistensi, berkomunikasi lisan
b.      Keruntutan dalam penalaran
c.       Ketepatan dalam menjawab pertanyaan
d.      Akurasi uraian materi dengan kesimpulan



6
KEMAMPUAN MENJELASKAN HASIL
15%



a.     Originalitas atas keaslian karya
b.     Keefektifan atau pencapaian tujuan/prestasi
c.      Dampak atau manfaatnya



7
SIKAP DALAM PRESENTASI
5%



a.      Kerapihan
b.      Kesopanan



      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
                 Nilai = bobot x skor
                                                                                                                                                Palabuhanratu,   Juli  2016
                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                           

                                                                                                                                                Endang Subenowati, S.Pd


Contoh
PENILAIAN PORTOFOLIO
(hasil pengumpulan data/laporan penelitian/dll)
Tanggal /bulan/tahun                                      :    ...............................................................................................
Nama peserta didik                                          :    ...............................................................................................
Kelas/Smt                                                            :    ...............................................................................................
Mata Pelajaran                                                   :    ...............................................................................................
Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar           :    ………………………………………………………………………
No
Komponen Portofolio

Bobot
Skor
Nilai
1
KERUNTUTAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
d.     Runtut dari tugas awal sampai akhir (lengkap)
e.     Runtut berdasarkan hari, tanggal, bulan dan tahun
f.       ………………….

25%


2
KELENGKAPAN PORTOFOLIO
c.      a. Lengkap setiap Kompetensi Inti dan Kompentensi Dasar
d.     b. …………………………..

25%


3
KERAPIAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
c.      Rapi dan tidak kotor
d.     ………………………

25%


4
KEBERMANFAATAN PORTOFOLIO
c.       Bermanfaat untuk perbaikan dimasa depan
d.      ………………………..

25%



      Catatan : Skor 1-5 (1. Sangat Kurang, 2. Kurang, 3. Cukup, 4. Baik, 5. Sangat Baik)
                 Nilai = bobot x skor


                                                                                                                                                Palabuhanratu,   Juli  2016
                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                           

                                                                                                                                                Endang Subenowati, S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar