Kamis, 09 Februari 2017

SILABUS PKN KLS XI K13



SILABUS MATA SMA/SMK

Mata Pelajaran            : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas                           : XI (sebelas)
Kompetensi Inti          :
1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.






Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1      Menghayati perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip solidaritas yang dilandasi ajaran agama dan kepercayaan yang dianutnya
1.2      Mengamalkan isi pasal 28E dan 29 ayat 2 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.3      Menghayati persamaan kedudukan warga negara tanpa membedakan ras, agama dan kepercayaan, gender, golongan, budaya, dan suku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara





2.1      Mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara











2.2  Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.3  Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam berbagai aspek kehidupan (ipoleksosbudhankam).
2.4  Menghayati berbagai dampak dan bentuk ancaman terhadap negara dalam mempertahankan
2.5  Bhinneka Tunggal Ika.
Menghayati budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah, mufakat dan kesadaran bernegara kesatuan dalam konteks NKRI.





3.1      Menganalisis kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.1      Menyaji hasil análisis kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam  kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kasus –kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
·         Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
·         Menanya
Menanya tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM

·         Mengeksperimen/mengeksplora-sikan
Menggali dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM

·         Mengasosiasikan
Menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya, menghubungkan satu nilai dengan nilai lainnya yang berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
·         Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan hasil kajian pada kelompok lain
1.                  Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2.    Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM

3.    Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang
kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM (format portofolio terlampir)
4.     
5.    Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan, pemajuan dan pemenuhan HAM

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.2  Menganalisis pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.2  Menyaji hasil kajian pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
4.10.1    Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender

Pasal-pasal yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan

·      Mengamati
Mencermati pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
·      Menanya
Mengajukan pertanyaan  terkait hasil kajian yang telah dilakukan antar siswa

·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari dari berbagai sumber  berkaitan tentang  pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur  wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamanan
·   Mengasosiasikan
Mencari hubungan pasal yang satu dengan pasal yang lain sehingga diketahui benang merahnya
·   Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman

1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasi-kan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2.    Observasi
-   Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman

3.    Portofolio,
-   penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman (format portofolio terlampir)


4.    Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang wilayah negara, warga negara dan penduduk, agama dan kepercayaan, pertahanan dan keamaman

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.3  Menganalisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.3  Menyaji hasil análisis perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara



Perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

· Mengamati
Mengamati perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


· Menanya
Dialog antar siswa dalam bentuk diskusi kelompok tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Melakukan penggalian dari berbagai sumber  terkait perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·   Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil penggalian antara satu temuan dengan temuan lainnya
·   Mengkomunikasikan
Melakukan presentasi hasil kajiannya secara individual dan/atau kelompok dihadapan temen-temannya

1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3.    Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (format portofolio terlampir)

4.    Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang perkembangan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.4  Menganalisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Repbulik Indonesia tahun 1945
4.4  Menyaji hasil analisis sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Repbulik Indoneesia tahun 1945


Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
·  Mengamati
Mencermati Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah

·  Menanya
Menanya  kepada nara sumber   tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah

·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mengunjungi lembaga resmi untuk menggali informasinya berkaitan  Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah

·   Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara  Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara,dengan  kementerian Negara dan pemerintahan daerah

·   Mengkomunikasikan
Mengkomunikasikan  hasil pengumpulan datanya nya pada teman-teman sekelas
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Sistem pembagian kekuasaan pemerintahan Negara, kementerian Negara dan pemerintahan daerah

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.5  Menganalisis praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
4.5  Menyaji hasil analisis praktik  perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

·  Mengamati
Mengamati dan melakukan kunjungan ke lembaga peradilan terdekat diwilayahnya

·  Menanya
Lakukan dialog dengan petugas lembaga tentang perlindungan dan penegakkan hukum

·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari hubungan yang  lebih mendalam lagi tentang praktek perlindungan dan penegakkan hukum dilembaga peradilan terdekat

·   Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara  satu kasus dengan kasus lainya dalam penanganan terhadap perlindungan dan penegakkan hukum dalam masyarakat
·   Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian berkaitan tentang praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Praktik perlindungan dan penegakan hukum dalam masyarakat untuk menjamin keadilan dan kedamaian



4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.6  Menganalisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6  Menyaji  hasil análisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

·  Mengamati
Membaca dari berbagai literature di  perpustakaan terdekat untuk mencermati kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

·  Menanya
Menanya secara langsung  dengan narasumber yang ada di lingkungannya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara


·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Menggali terus informasi dari berbagai sumber lainnya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


·   Mengasosiasikan
Mengaitkan beberapa hasil temuannya tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

·   Mengkomunikasikan
Menyampaikan data temuannya dalam bentuk lisan ataupun tulisan pada teman lainnya


1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)


2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara


4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.7  Menganalisis strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyaji hasil analisis tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman untuk membangun integrasi nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.10 2 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
·  Mengamati
Mengamati  strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman (dari media cetak dan elektronik)

·  Menanya
Melakukan dialog dengan praktisi di lapangan  berkaitan strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman

·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Menggali informasi dengan mendatangi lembaga pertahanan  terkait untuk mendalami tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
·   Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan nara sumber dari berbagai lembaga terkait
·   Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian dan temuan di depan teman-temannya dalam bentuk lisan dan tulisan
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman



3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang strategi yang telah diterapkan oleh Negara dalam mengatasi ancaman

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.8  Menganalisis dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
4.8  Menyaji hasil análisis tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

Dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

·  Mengamati
Mengamati  di lingkungan sekitar berkaitan dengan dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik




·  Menanya
Menanya  dengan nara sumber  tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik


·   Mengeksperimen/mengeksplorasi-kan
Mencari dari berbagai sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

·   Mengasosiasikan
Mengaitkan dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

·   Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik pada teman-teman sekelas dalam bentuk lisan dan tulisan

1. Tugas:
- Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang dinamika kehidupan bernegara sesuai konsep NKRI dan bernegara sesuai konsep federal dilihat dari konteks geopolitik

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik












3.2  Menganalisis macam-macam budaya politik di Indonesia
4.9  Menyaji hasil análisis tentang macam-macam budaya politik di Indonesia

Macam-macam budaya politik di Indonesia

·  Mengamati
Mengamati  budaya politik di Indonesia dari berbagai media (cetak dan elektronik)

·  Menanya
Melakukan dialog dengan praktisi politik setempat berkaitan macam-macam budaya politik di Indonesia

·   Mengeksperimen/mengeksplorasikan
Menggali informasi dengan mendatangi lembaga politik atau pakar politik setempat untuk mendalami tentang budaya politik di Indonesia
·   Mengasosiasikan
Mengaitkan hasil pencermatan literatur dengan hasil dialog dengan nara sumber
·   Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil kajian di depan teman-temannya.
1. Tugas:
-   Mengumpulkan data dari berbagai sumber tentang Macam-macam budaya politik di Indonesia
-   Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan
-   Membuat laporan hasil pengamatan
-   Mempresentasikan hasil laporan di depan kelas
(format presentasi terlampir)

2. Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan  Macam-macam budaya politik di Indonesia

3. Portofolio,
Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Macam-macam budaya politik di Indonesia  (format portofolio terlampir)

4. Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang Macam-macam budaya politik di Indonesia

4 minggu x JP
Buku Pelajaran PPKn SMA

Buku Penunjang Lainnya

Media cetak dan elektronik




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar